Rabu, 5 Jumadil Akhir 1439 / 21 Februari 2018

Rabu, 5 Jumadil Akhir 1439 / 21 Februari 2018

Arkeolog Temukan Ruang Makam Tersembunyi di Piramida Giza

Sabtu 03 Februari 2018 12:37 WIB

Rep: Retno Wulandhari/ Red: Dwi Murdaningsih

Bukti penggalian di Piramida Giza.

Bukti penggalian di Piramida Giza.

Foto: Egypt Independent
ruang tersebut berisi berbagai perlengkapan pemakaman yang dihiasi dengan ukiran.

REPUBLIKA.CO.ID, KAIRO -- Komite Arkeolog dari Kementerian Purbakala di Mesir telah menemukan tiga ruang tersembunyi di Piramida Giza pada Kamis (1/2. Dilansir Egypt Independent, ruang tersebut diklaim berisi berbagai perlengkapan pemakaman yang dihiasi dengan ukiran-ukiran.

Kepala Sektor Kepurbakalaan Mesir, Ayman Ashmawy, mengatakan proyek penggalian telah mulai dilakukan sejak Januari 2017 lalu. Penggalian dilakukan oleh tim ekspedisi dari Jepang dan Ceko. Proyek penggalian terbagidari dua area yaitu bagian utara dan selatan piramida.

Ashmawy menjelaskan proyek penggalian yang dipimpin oleh Direktur Jenderal Barang AntikSakara, Sabri Farag, menemukan tiga ruangan berisi peti mati yang terbuat dari kayu. Selain peti mati ditemukan pula peralatan simbolis serta gulungan untuk membebat organ tubuh bagian dalam.

Ilmuwan Temukan Biduk Catur dari Abad Ke 13

Ashmawy memaparakan ruang pertama mengarah ke sebuah ruangan kecil yang berisi dua peti persegi panjang berukuran kecil. Peti tersebut terbuat dari kayu dan kondisinya sudah rusak parah. Di dalam peti terdapat dua mumi kecil yang diprediksi merupakan hewan burung. Selain itu, ditemukan juga tiga gulungan berisi organ tubuh bagian dalam mumi beserta 22 peralatan simbolis.

Sementara di bagian atas peti pertama terdapat ukiran yang menggambarkan kereta Raja Ptolemy IV. Sedangkan pada bagian tutup peti mati kedua terdapat ukiran tulisan hieroglif yang kurang begitu jelas. Ashmawy mengonfirmasi bahwa ruang kedua dan ketiga berisi dua peti mati untuk dua burung, dibentuk oleh resin hitam dan diukir dengan tulisan hieroglif dari salah satu raja Ptolemeus.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA