Minggu, 2 Jumadil Akhir 1439 / 18 Februari 2018

Minggu, 2 Jumadil Akhir 1439 / 18 Februari 2018

Penduduk di Michigan Dikagetkan oleh Meteor

Kamis 18 Januari 2018 13:03 WIB

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Winda Destiana Putri

Michigan

Michigan

Foto: ABCNews

REPUBLIKA.CO.ID, MICHIGAN -- Masyarakat yang tinggal di Michigan merasa sedikit terguncang pada Selasa malam saat sebuah cahaya yang berkilau menerangi langit wilayah tersebut. Tidak lama kemudian wilayah tersebut terkena gempa yang pada saat itu tidak diketahui penyebabnya.

National Weather Service akhirnya memecahkan misteri apa sebenarnya cahaya di langit dan penyebab wilayah Michigan terkena gempa. Dalam akun Twitternya mereka menyebut, "USGS mengkonfirmasi sebuah meteor terjadi sekitar pukul 20:10 yang menyebabkan gempa berkekuatan 2.0 SR".

 

Menurut Badan Survei Geologi Amerika Serikat, gempa tersebut berpusat sekitar lima mil barat daya New Haven, Michigan. Wilayah tersebut terletak sekitar 40 mil timur laut Detroit.

 

Awalnya penduduk yang merasa penasaran mengunggah video tentang cahaya di langit tersebut ke media sosial mereka, saat itu Badan Cuaca Nasional belum begitu yakin dengan apa yang dilihat oleh masyarakat. Namun setelah meninjau beberapa dataset observasional, NWS mengkonfirmasi bahwa cahaya tersebut bukan kilat melainkan sebuah meteor.

 

"Kami akan terus memantau umpan dari bagian astronomi untuk konfirmasi pasti meteor tersebut," tulis mereka dalam sebuah cuitan dua jam sebelum mereka mengkonfirmasi benar bahwa hal tersebut adalah meteor seperti dilansir dari ABC News.

 

Peta laporan American Meteor Society kemudian menggambarkan bahwa meteor tersebut terlihat di enam negara bagian Amerika dan di Kanada. Tampilan cahaya yang berkilau itu menjadi bahan perbincangan di media sosial dan #meteor menjadi topik terpopuler di AS.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA