Sabtu , 13 January 2018, 00:13 WIB

Sejak Kapan Manusia Bercelana?

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Yudha Manggala P Putra
Science News
Celana tertua di dunia.
Celana tertua di dunia.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Judul di atas adalah pertanyaan yang mengganggu Donal Bebek (Donald Duck) selama beberapa dekade terakhir. Ini karena tokoh kartun lucu itu tak pernah mengenakannya sekali pun, baik di versi komik ataupun filmnya.

Ini membuat Finlandia melarang penayangan dan peredaran film Donal Bebek. Apakah tim Walt Disney salah membuat karakter karena tidak memakai celana seperti halnya tokoh kartun lainnya? Apapun alasannya, tentu sebagai manusia tidak boleh mengikuti dan harus memakainya.

Tim arkeologi dari German Archaeological Institute sekitar 2014 lalu menemukan beberapa jawaban sejak kapan manusia memakai celana. Salah satunya temuan di Cekungan Tarim Cina yang sejauh ini menjadi contoh celana tertua yang pernah ditemukan.

Bahan dasarnya dari wol dan usianya mencapai tiga ribu tahun lalu. Dilansir dari Mental Floss, Jumat (11/1), celana tersebut dikubur di Pemakaman Yanghai bersama dengan sejumlah artefak lainnya, termasuk peralatan berkuda, kayu, busur, dan kapak.

Pemakai celana itu pastilah seseorang yang ditugaskan berkeliling dan memburu hewan untuk bahan makanan. Ini membuat orang tersebut diharuskan memakai celana saat menunggang kuda untuk menghindari gesekan kulit kuda dengan kulit tubuhnya.

Gagasan itu akhirnya berujung pada budaya berpakaian ala Yunani dan Romawi Kuno di mana orang-orang yang menunggang kuda mencari cara nyaman dan praktis untuk menghindari gesekan di kulit selangkangannya.

Celana proto yang ditemukan di makam kuno tersebut tampak sebagai contoh awal manusia sadar akan mode. Kebanyakan bentuk celananya amat praktis dengan jahitan silang di setiap kaki, bahkan tampak dekoratif pada zamannya.

Apakah penemuan di Yanghai dianggap sebagai contoh paling awal bagaimana manusia mendefenisikan celana? Otzi, manusia kutub di Eropa yang hidup sekitar 5.300 tahun lalu ditemukan bekas-bekas artefaknya sekitar 1991. Otzi meninggal dengan memakai legging kulit kambing. Ini juga bagian dari sejarah penting tentang peradaban manusia dalam berpakaian.

Berita Terkait