Minggu, 5 Ramadhan 1439 / 20 Mei 2018

Minggu, 5 Ramadhan 1439 / 20 Mei 2018

Enam Cara Mendapat Kesehatan Mental Lebih Baik di Tahun 2018

Selasa 09 Januari 2018 11:26 WIB

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Winda Destiana Putri

Resolusi hidup lebih baik. Ilustrasi

Resolusi hidup lebih baik. Ilustrasi

Foto: Sciencealert

REPUBLIKA.CO.ID, Setiap pergantian tahun setiap orang pasti membuat resolusi Tahun Baru yang biasanya berhubungan dengan kesehatan fisik seperti diet, olahraga, atau mengurangi kadar minum alkohol. Namun bagaimana dengan kesehatan mental kita?

Dilansir dari ScienceAlert, kesehatan mental sangat penting bagi setiap bagian kehidupan yakni bagaimana kita berinteraksi dengan orang yang kita cintai, seberapa produktif kita di tempat kerja, dan bagaimana perasaan kita saat sendirian.

Di bawah ini akan dijabarkan enam hal yang menurut sains bisa dilakukan untuk memperbaiki kesehatan mental di tahun 2018.

1. Berhenti diet

Banyak orang membuat resolusi Tahun Baru yang sangat ketat dan penuh dengan halangan untuk mengurangi asupan kilojoule mereka. Namun ternyata ada bukti bahwa resolusi semacam itu tidak menyebabkan penurunan berat badan malah diet ketat bisa menyebabkan kenaikan berat badan jangka panjang.

Orang yang memiliki citra tubuh buruk biasanya menghindari acara sosial, kedekatan secara fisik, dan olahraga. Citra tubuh yang buruk juga mengakibatkan depresi, kecemasan, dan masalah kesehatan mental lainnya. Membenci diri sendiri tidak membuat kita lebih kurus namun membuat kita tidak sehat secara mental.

Orang sering menghindari berpartisipasi penuh dalam kehidupan sosial mereka sambil menunggu tubuh ideal. Di tahun 2018 ini mari berhenti melakukan hal tersebut.

Orang yang menghargai tubuh mereka terlepas dari ukuran tubuhnya cenderung memiliki kesehatan mental yang lebih baik fungsi seksual lebih baik, dan hubungan romantis yang lebih bahagia. Jika tujuan anda adalah mental atau kesehatan fisik maka hentikan tujuan untuk menjadi kurus dan sebaiknya mulai bekerja untuk menerima diri sendiri.

2. Makan brokoli

Semakin kita belajar tentang hubungan antara usus dan otak maka akan semakin banyak bukti yang didapatkan mengenai peran nutrisi dalam kesehatan mental. Orang yang mengonsumsi lebih banyak buah dan sayur memiliki tingkat depresi lebih rendah dibandingkan mereka yang makan lebih sedikit buah dan sayuran.

Perbaikan nutrisi dari waktu ke waktu (keseimbangan sayuran, buah, biji-bijian, dan protein) dapat meningkatkan kesehatan mental dan kualitas hidup anda. Dengan mengkonsumsi sayuran hijau dan sayuran yang termasuk dalam keluarga brokoli seperti kubis, kembang kol, dan kale juga dapat membantu memperlambat penurunan kognitif.

3. Bergabung dengan sebuah kelompok

Isolasi sosial adalah prediktor kematian dini yang lebih baik dibandingkan diet atau olahraga. Dengan melakukan isolasi kekuatannya sama seperti merokok.

Membuat koneksi sosial yang baru dapat meningkatkan kesehatan mental dan dengan ikut kegiatan dalam suatu kelompok sosial dapat membantu kita mengatasi stress dan mengurangi depresi serta kegelisahan. Jika anda memiliki anjing sebagai binatang peliharaan anda bisa mulai dengan pergi ke taman anjing lokal di kota anda.

Selain itu jika anda menyukai permainan menggunakan papan atau kartu, bukan ide yang buruk untuk mencari sekelompok orang untuk berkumpul dan bermain bersama. Anda juga bisa menemukan banyak grup yang bergabung dalam aplikasi untuk saling bertemu.

4. Gerakkan tubuh Anda

Latihan merupakan hal yang paling jelas dan menjadi bagian yang ingin dilewatkan oleh banyak orang. Dengan bergerak atau berolahraga merupakan salah satu cara untuk mengurangi depresi atau kecemasan, memperbaiki fungsi seksual, serta menjaga fungsi kognitif badan.

Bukan masalah jika Anda hanya berjalan di halaman belakang atau berlari maraton, gerakan apapun akan membantu anda karena membuat perencanaan untuk sebuah olahraga akan menjadi sangat menyulitkan. Carilah jenis olahraga yang anda anggap menyenangkan, membuat anda bisa keluar dan bersosialisasi, serta terakhir memungkinkan anda untuk membangun sebuah kompetensi.

Latihan atau gerakan yang melakukan gerakan-gerakan ringan lebih mudah dilakukan dibandingkan latihan yang dilakukan dengan tujuan memperbaiki penampilan.

5. Kurangi waktu menggunakan gawai

Salah satu cara untuk membuat Anda berolahraga adalah dengan mengurangi waktu anda menggunakan gawai. Hal ini bukan berarti Anda harus melepaskan acara favorit.

Tanpa adanya Arrested Development atau Game of Thrones hidup akan terasa suram. Namun waktu yang digunakan untuk menggunakan gawai berlebihan dapat dikaitkan dengan kualitas tidur yang buruk, begitu pula dengan depresi. Waktu untuk menggunakan gawai seharusnya menjadi bagian dari kehidupan yang bahagia, bukan sebaliknya.

6. Carilah bantuan jika Anda membutuhkannya

Kita sering diselimuti oleh masalah kesehatan mental yang disembunyikan dari pandangan orang lain dan berasumsi kita bisa menyelesaikannya sendiri. Namun sebenarnya kita butuh bantuan.

Kunjungi dokter dan dapatkan rencana kesehatan mental atau cari bantuan kesehatan mental di sekitar tempat tinggal Anda.

Pada akhirnya, Anda harus memilih tujuan yang benar-benar mencerminkan siapa Anda dan apa yang Anda inginkan dengan tujuan untuk memecahnya menjadi langkah yang lebih konkret dan spesifik (kapan, dimana, dan bagaimana). Penelitian ini menyarankan untuk melakukan hal ini dapat memaksimalkan peluang sukses Anda.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA