Rabu , 06 December 2017, 01:40 WIB

Benteng Berusia Ribuan Tahun Ditemukan di Dasar Danau Turki

Rep: Christiyaningsih/ Red: Dwi Murdaningsih
South China Morning Post.
Benteng yang ditemukan di dasar danau Van di Turki.
Benteng yang ditemukan di dasar danau Van di Turki.

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Sebuah pemandangan mengejutkan dijumpai kelompok penyelam di Turki. Seorang fotografer bernama Tahsin Ceylan dan dua rekannya menemukan sebuah benteng saat mereka menyelam di Danau Van. Danau ini merupakan danau terdalam di Turki.

Benteng tersebut diperkirakan berusia sekitar tiga ribu tahun. Kepada Daily Sabah yang dikutip South China Morning Post, Ceylan mengatakan rumor yang beredar di kalangan penduduk lokal menyebut memang ada peninggalan sejarah di sekitar danau. Namun selama ini para arkeolog belum pernah menemukan bukti apapun.
 
Tak disangka peninggalan bersejarah itu malah ditemukan olehnya secara kebetulan. Benteng tersebut memiliki ukuran yang fantastis. Luasnya mencapai satu kilometer persegi dengan beberapa bagian dindingnya mencapai tinggi 10 kaki.
 
Karena belum pernah ada ekskavasi di sana, tidak ada seorang pun yang bisa memprediksi berapa kedalaman pondasi benteng. Bangunan tua itu diyakini merupakan peninggalan bangsa Urartar. Ribuan tahun lalu, Danau Van masih dangkal. Namun karena air semakin naik maka benteng itu pun tenggelam.
 
Kini benteng tersebut menjadi tujuan wisata. Namun Ceylan berharap bahwa temuan itu tak hanya menarik wisatawan tetapi juga para arkeolog. "Karena air danau semakin naik maka benteng makin tenggelam. Namun bangunan itu tetap berdiri kokoh di dalam air," katanya.