Sabtu , 21 October 2017, 05:11 WIB

Perubahan Iklim Picu Kelangkaan Ikan Nemo

Rep: NORA AZIZAH/ Red: Winda Destiana Putri
News
Ikan Nemo
Ikan Nemo

REPUBLIKA.CO.ID, Masih ingat ikan berwarna oranye dalam film 'Finding Nemo'? Ikan bertubuh unik tersebut memang menjadi icon dunia hingga saat ini.

Namun dalam kehidupan nyata, ikan bernama Clownfish tersebut ternyata terancama langka. Dilansir melalui Dailymail, clownfish diprediksi rawan kehilangan tempat tinggal akibat perubahan iklim yang ekstrim. 

Clownfish banyak hidup di laut Pasifik Selatan. Berdasarkan penelitian dari EPHE PSL Research University, laut Pasifik Selatan tengah mengalami pemanasan. Hal tersebut memengaruhi clownfish untuk berkembang biak. Clownfish kehilangan dorongan untuk saling membuahi. Akibatnya berdampak pada jumlah keturunan mereka yang semakim sedikit.

Penelitian dilakukan di sepanjang pantai lepas Moorea Island, Polynesia Prancis. Clownfish yang juga masuk kategori hewan anemon, yakni menempelkan telur pada hewan lain bertubuh lunak di laut, hanya menempelkan sedikit telur saja pada makhluk hidup di sekitarnya. Biasanya clownfish menggunakan tanama laut atau terumbu karang untuk saling membuahi.

"Memang tidak ada efek langsung terhadap anemon dewasa, tetapi berimbas pada populasi dan demografi," ujar Profesor Suzanne Mills, salah satu peneliti.

Mills juga menyebutkan, kondisi tersebut mengkhawatirkan terhadap keberlangsungan hidup clownfish. Pemanasan laut juga dipicu dari beragam aktivitas manusia di bumi. Itu sebabnya sesama makhluk hidup hendaknya saling peduli terhadap kehidupan makhluk hidup lainnya. 

Sumber : Center