Senin , 25 September 2017, 14:08 WIB

Australia akan Bangun Badan Antariksa Nasional

Rep: KAMRAN DIKARMA/ Red: Winda Destiana Putri
Reuters
Antariksa (ilustrasi)
Antariksa (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, CANBERRA – Pemerintah Australia tengah berancang-ancang untuk mendirikan badan antariksa nasionalnya. Menurut mereka, pesatnya kemajuan industri antariksa global menuntutnya memiliki badan antariksa sendiri.

Menteri Perindustrian Australia Michaelia Cash mengatakan bahwa sangat penting negaranya merespons pertumbuhan industri antariksa global dengan membentuk badan antariksa nasional. Selain itu, berdasarkan tinjauan industri dalam negeri, kehadiran badan antariksa nasional dinilai sudah cukup penting.

"Badan (antariksa nasional) ini akan menjadi jangkar untuk koordinasi domestik kami dan pintu depan untuk keterlibatan internasional," ungkap Cash seperti dilaporkan laman BBC, Senin (25/9).

Proyek pembangunan badan antariksa nasional ini diprediksi akan menyedot anggaran sebesar 318 miliar dolar AS. Anggaran proyek yang cukup besar tersebut membuat pemimpin politik dan industri di Australia berharap kehadiran badan antariksa nasional ini akan menciptakan ribuan lapangan pekerjaan baru bagi warganya.

Cash diperkirakan akan mengumumkan rincian lebih lanjut proyek pembangunan badan antariksa nasional ini pada Kongres Astronautika Internasional di Adelaide, Australia, pekan ini. Dalam acara itu akan hadir pakar antariksa global, kepada badan antariksa nasional dari berbagai negara, serta pihak swasta.

Australia diketahui merupakan satu-satunya negara maju yang belum memiliki badan antariksa nasional sendiri. Selain Australia, negara maju lainnya yang juga belum memiliki badan antariksa nasional adalah Islandia.

Sumber : Center

Berita Terkait