Kamis , 14 September 2017, 08:33 WIB

Robot Yumi Jadi Konduktor Orkestra Italia

Red: Nidia Zuraya
abb.com
Robot YuMi yang didesain mirip manusia.
Robot YuMi yang didesain mirip manusia.

REPUBLIKA.CO.ID, PISA -- Robot mirip manusia, YuMi, tampak tidak ragu mengangkat tongkat kecilnya saat memimpin orkestra Lucca Philharmonic bersama penyanyi tenor Italia Andrea Bocelli pada Selasa (12/9) malam.

Robot berlengan dua yang dirancang perusahaan asal Swiss ABB itu melakukan debutnya di Teater Verdi Pisa untuk menandai Festival Internasional Robotika pertama di kota Tuscan. "Pada dasarnya kami harus menemukan waktu untuk memahami pergerakannya. Ketika kami menemukannya, semuanya berjalan dengan mudah," ujar konduktor orkestra Andrea Colombini seperti dilansir Reuters.

"Ini benar-benar fantastis, dan teknisinya juga sangat fantastis untuk membuat semuanya sempurna, terutama pada panjang lengan dan kecepatan geraknya, yang sangat penting," tambahnya.

Robot YuMi, yang berasal dari ungkapan 'you and me', mendapat semua pelajaran gerakan oleh Colombini, yang memegangi tangannya selama latihan sehingga komputer dapat mengingat isyarat yang diberikan dengan benar.

Sayangnya, robot tersebut tak dapat berimprovisasi dan setiap perubahan pada tempo dari musisi tentu akan membuatnya kacau. Meski begitu, robot tersebut sukses memainkan tiga dari 18 komposisi yang dipertunjukkan pada Selasa (12/9) malam.

Sumber : Antara

Berita Terkait