Monday, 6 Ramadhan 1439 / 21 May 2018

Monday, 6 Ramadhan 1439 / 21 May 2018

Foto Misterius di Mars Pancing Dugaan Teori Konspirasi

Kamis 29 June 2017 10:34 WIB

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Esthi Maharani

NASA

NASA

Foto: AP

REPUBLIKA.CO.ID, Misi ruang angkasa NASA, rover Curiosity, berhasil mengabadikan foto sebuah objek misterius di Planet Mars. Bukannya memberi pencerahan tentang kehidupan di Mars, foto yang diambil pada Maret 2017 itu malah memancing kecurigaan sebagian warganet mengenai teori konspirasi.

Gambar dengan resolusi HD itu menampilkan sebuah objek berkilauan di lanskap berbatu planet merah. Foto diunggah pekan ini oleh pengguna Reddit, Prosaic Origin, dengan keterangan foto "Uh NASA? UFO tertangkap kamera misi Rover? Apakah ini nyata?"

Unggahan telah memancing debat daring berkepanjangan sampai 79 balasan, yang sebagian besar percaya objek itu adalah milik alien alias makhluk asing. Sebagian warganet lain mengira itu hanya puing dari rover Mars, bahkan sebagian menuding adanya konspirasi NASA terkait misi antariksa Mars.

Pemilik akun Crazylegs99 termasuk dalam kelompok yang skeptis dan tidak yakin benda yang tak diketahui ukurannya itu adalah properti alien. Ia beranggapan bahwa tim NASA lupa menghilangkan objek itu dengan perangkat sunting gambar Photoshop.

"Mereka seharusnya bisa menambahkan alien yang melambai-lambaikan tangan dan menyapa hai dari kaca depan supaya lebih meyakinkan," katanya menyindir.

Nigel Watson, penulis buku UFO Investigations Manual berpendapat, bentuk objek tersebut agak mirip seperti pesawat ruang angkasa. Ia menyayangkan gambar yang tidak fokus, tidak memperlihatkan perbandingan ukuran, dan tanpa informasi rinci mengenainya.

"Salah satu penjelasan adalah bahwa benda itu adalah potongan puing dari Rover Mars sendiri atau dari sistem pendaratan derek sky crane-nya," kata Watson, dilansir dari laman Daily Mail

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA