Sabtu , 17 June 2017, 09:05 WIB

Ilmuwan Temukan Bayi Lumba-Lumba Berkepala Dua

Rep: Christiyaningsih/ Red: Esthi Maharani
Time
Lumba-lumba berkepala dua
Lumba-lumba berkepala dua

REPUBLIKA.CO.ID, ROTTERDAM -- Untuk pertama kalinya sekelompok ilmuwan mengatakan baru saja menemukan lumba-lumba berkepala dua. Dilansir dari laman Time pada Sabtu (17/6), hewan laut itu ditemukan mati ketika para nelayan mendapatinya tersangkut pada jaring ikan.

Berdasarkan keterangan yang dikutip dari studi yang dipublikasikan di jurnal online Deinsea, peristiwa itu terjadi pada akhir Mei lalu. Lokasinya berada di Laut Utara Belanda. Deinsea adalah jurnal online yang diterbitkan oleh Natural History Museum Rotterdam.

Bayi lumba-lumba itu berjenis kelamin jantan. Ketika ditemukan, hewan itu disebut punya dua kepala yang sempurna. Meski punya dua kepala, mamalia laut itu hanya memiliki satu tubuh dan sepasang sirip. Para peneliti mengungkapkan sang lumba-lumba mempunyai tubuh sepanjang 28 inci dan berat sekitar 13 pon.

Mereka meyakini hewan berkepala ganda itu mati tak lama setelah ia lahir walau tidak ada yang bisa memprediksi berapa lama ia hidup sebelum akhirnya mati. Para peneliti langsung membuang kembali mayat bayi lumba-lumba itu ke laut segera setelah wujudnya dipotret.

Berdasarkan penelitian, ini adalah peristiwa pertama ditemukannya lumba-lumba berkepala dua. Selama ini makhluk hidup yang terlahir dengan kondisi dua kepala terjadi pada manusia dan hewan-hewan jinak.  Kasus serupa sangat jarang terjadi pada hewan liar terutama pada paus dan lumba-lumba. Hingga saat ini hanya ada sembilan kelahiran hewan liar berkepala dua yang terdokumentasi. Kesemuanya terjadi pada keluarga paus.

Sumber : Center

Berita Terkait