Selasa, 7 Ramadhan 1439 / 22 Mei 2018

Selasa, 7 Ramadhan 1439 / 22 Mei 2018

Stasiun Luar Angkasa Internasional Melintas di Langit Jakarta Subuh Ini

Jumat 27 Januari 2017 02:59 WIB

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Ani Nursalikah

Stasiun Luar Angkasa Internasional (International Space Station)

Stasiun Luar Angkasa Internasional (International Space Station)

Foto: Dailymail.co.uk

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Warga Jakarta dapat menyaksikan Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) melintas pada Jumat pagi (27/1). Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) memperkirakan ISS akan melintas di atas langit Jakarta pukul 05.12 WIB.

"Besok pagi (27/1) warga Jakarta dan sekitarnya berkesempatan melihat ISS (International Space Station) melintas," kata Kepala Lapan Thomas Djamaluddin dalam pesan Whatsapp yang diterima Republika.co.id, Kamis (26/1).

Ia menjelaskan, ISS berukuran sebesar lapangan sepak bola. Namun, karena mengorbit pada ketinggian sekitar 400 Km, ISS akan terlihat seperti bintang terang.

Thomas berujar, masyarakat dapat melihat dan mengamati ISS dengan mata telanjang atau kamera kecil. ISS akan terlihat seperti bintang terang yang bergerak lambat di atas langit Jakarta.

Thomas merinci, ISS akan mulai muncul di barat laut (pukul 05.12 WIB), puncaknya di arah timur laut (pukul 05.15 WIB) dan menghilang dari pandangan di arah tenggara (pukul 05.18 WIB). Kemudian, untuk keterangan atau waktu lainnya, dapat dilihat di situs heavens-above.com.

Spot the Station NASA menyebut, penampakan akan terjadi dalam beberapa jam sesudah atau sebelum matahari terbit atau tenggelam. Ini adalah periode tampilan optimal saat matahari belum terbit atas Stasiun Luar Angkasa. Saat itu tampilan ISS terlihat kontras di langit yang gelap.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA