Wednesday, 5 Jumadil Akhir 1439 / 21 February 2018

Wednesday, 5 Jumadil Akhir 1439 / 21 February 2018

Ini Misi Awal Elon Musk Taklukkan Mars

Jumat 28 October 2016 02:42 WIB

Rep: Retno Wulandhari/ Red: Winda Destiana Putri

Mars

Mars

Foto: NASA

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- September lalu, pendiri sekaligus CEO perusahaan antariksa Amerika Serikat SpaceX Elon Musk mengungkapkan rencananya untuk mengunjungi Mars. Rencana besar itu ia sampaikan pada saat Kongres Internasional Astronautical di Guadalajara, Meksiko.

Dalam sebuah acara tanya jawab Reddit AMA (ask me anything) yang dilakukan pada Ahad (23/10) silam Elon Musk menyampaikan sejumlah rincian terkait rencana ambisiusnya tersebut.  Saat ini, ia mengaku tengah fokus pada persiapan teknis misi penaklukan Mars.

Selama AMA, Musk berbicara mengenai bahan-bahan apa saja yang digunakan untuk roket Falcon 9 yang akan membawa kru manusia perama ke Mars. Dia juga berbagi informasi mengenai rincian tangki serat karbon yang digunakan untuk menyimpan oksigen.

Musk memaparkan secara rinci rencana misi menaklukan Mars. Pertama, dia akan mengirimkan roket Dragon buatan SpaceX untuk memastikan lokasi pendaratan yan tidak berkawah. Kemudian, kru akan mencari tahu cara terbaik mendapatkan air untuk reaksi CH4/O2 Sabatier.

Lalu, pesawat ruang angkasa Heart of Gold yang memuat peralatan pembangunan propelan akan diterbangkan ke Mars. Kru dengan peralatan lengkap akan membangun basis dasar dan mencoba menyelesaikan pabrik propelan. Hingga akhirnya, akan ada penggandaan jumlah penerbangan dengan masing-masing orbit Bumi-Mars setiap 26 bulan sampai kota dapat tumbuh dengan sendirinya.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA