Kamis, 9 Ramadhan 1439 / 24 Mei 2018

Kamis, 9 Ramadhan 1439 / 24 Mei 2018

Hii... Ada Bukit Pasir Aneh di Mars

Senin 04 Juli 2016 10:41 WIB

Rep: MGROL73/ Red: Winda Destiana Putri

Bukit pasir yang diduga ada di Planet Mars.

Bukit pasir yang diduga ada di Planet Mars.

Foto: Dailymail

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebuah padang tandus yang berada di planet tetangga kita, dengan corak merah yang sangat jelas, mengejutkan para peneliti sejak mereka memulai mengamati permukaan Mars tersebut.

Sekarang, planet merah itu memberikan kejutan lain, yang akan menjadikan sebuah sejarah di dunia. Peneliti menemukan sebuah bukit pasir baru di Mars, yang memiliki kemiripan dengan bukit bawah laut di bumi.

Para peneliti menggunakan data yang dihasilkan Mars Reconnaissance Orbiter dan the Curiosity Rover. Mereka melihat kesamaan bentuk dan jarak pada bedform di Mars dan mereka menemukan kesamaan riak-riak kecil yang terbentuk di bawah air.

Para peneliti sepakat memberikan nama gunungan tersebut dengan sebutan wind-drag ripples, dikarenakan prosesya yang dibentuk oleh kondisi atmosfir, beda dengan yang ada di bumi.

Seperti dilansir laman Dailymail, Senin (4/7) para peneliti mengemukakan, temuannya itu membuktikan bahwa Mars memiliki oksigen di atmosfirnya, serta memiliki kolam di permukaannya.

(Baca juga: 100 Orang Jalani Tes untuk Menetap di Mars)

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA