Tuesday, 4 Jumadil Akhir 1439 / 20 February 2018

Tuesday, 4 Jumadil Akhir 1439 / 20 February 2018

Ilmuwan Temukan Dua Eksoplanet 'Raksasa'

Senin 08 February 2016 20:57 WIB

Red: Dwi Murdaningsih

Jupiter

Jupiter

REPUBLIKA.CO.ID, TOKYO -- Ilmuwan menemukan tanda-tanda dua eksoplanet baru. Dua planet di luar tata surya ini memiliki ukuran sekitar dua kali ukuran planet Jupiter, planet terbesar di Tata Surya. Keduanya mengorbit pada bintang bernama HD 47366 yang terletak 260 tahun cahaya dari bumi.

Laman Phys.org melaporkan kedua planet mengelilingi bintangnya dalam waktu 1,6 miliar tahun. Tim astronom internasional menemukan kedua planet ini menggunakan spektroskopi Doppler saat mengamati bintang HD 47366.

Pengamatan ini banyak dipakai untuk membuktikan eksistensi planet. Astronom mengamati goyangan yang bisa menjadi pertanda adanya planet. Uniknya, saat mengamati planet ini, astronom menangkap terjadi goyangan dua kali berturut-turut.

Artinya, ilmuwan menduga ada lebih dari satu planet yang mengorbit pada bintang. Peristiwa ini langka sebab dua planet besar ini mengorbit pada bintang yang sama.

Tim di balik penemuan ini dipimpin Bun'ei Sato dari Tokyo Institute of Technology di Jepang. Menanggapi temuan ini, dia mengaku belum begitu jelas dan masih menyisakan banyak pertanyaan mengenai mengapa hal itu bisa terjadi.

Tim berpendapat, skenario yang paling mungkin adalah dua planet ini terbentuk secara bertahap. Pada usia 1,6 miliar tahun, bintang ini berkembang dua kali lebih besar dibandingkan dengan matahari.

Meskipun banyak pertanyaan yang belum terjawab, tim percaya penelitian HD 47366 ini akan menjelaskan bagaimana sistem planet dari waktu ke waktu.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA