Senin, 6 Ramadhan 1439 / 21 Mei 2018

Senin, 6 Ramadhan 1439 / 21 Mei 2018

Peristiwa Luar Angkasa yang Terjadi Sepanjang 2015

Sabtu 26 Desember 2015 08:41 WIB

Rep: Rossi Handayani/ Red: Dwi Murdaningsih

planet Ceres

planet Ceres

Foto: NASA/science alert

REPUBLIKA.CO.ID, Terdapat sejumlah peristiwa menarik yang terjadi di luar angkasa sepanjang 2015. Peristiwa tersebut mulai dari misi yang berhasil, atau tidak berhasil. Catatan pristiwa juga melingkupi teka-teki baru yang berhasil dipecahkan oleh para ilmuwan, atau bahkan pertanyaan baru yang mungkin jawabannya baru akan bisa ditemukan di tahun-tahun mendatang.

NASA berhasil pecahkan cahaya misterius di planet Ceres

Pada tahun ini juga ilmuwan menemukan titik terang tentang Ceres, planet kerdil yang terletak di antara Mars dan Jupiter. Pada Maret lalu, Badan Antariksa AS (NASA) melalui pesawat ruang angsaka Dawn menangkap sinyal cahaya misterius di planet berukuran 950 km tersebut.

Para ilmuwan dan masyarakat banyak yang berspekulasi atas kejadian ini. Mereka berasumsi apakah cahaya tersebut terjadi adalah gunung berapi, geiser ataupun endapan es. Namun akhirnya misteri cahaya Ceres telah dipecahkan. 

Tim dari Institut Max Planck Institute for Solar System Research di Jerman berpendapat cahaya misterius ini memiliki sinar yang khas dari semacam garam es, mengandung endapan tanah liat yang kaya amonia dan mengisyaratkan bagaimana Ceres terbentuk. Tim yang dipimpin oleh Andreas Nathues ini menduga garam di Ceres terbentuk ketika air es diperhalus sebagai dampak dari asteroid.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA