Senin, 6 Ramadhan 1439 / 21 Mei 2018

Senin, 6 Ramadhan 1439 / 21 Mei 2018

Cina Masuki Tahap Akhir Pembangunan Teleskop Radio Terbesar di Dunia

Selasa 24 November 2015 18:24 WIB

Red: Dwi Murdaningsih

Telskop radio FAST yang sedang dibangun di Cina

Telskop radio FAST yang sedang dibangun di Cina

Foto: Daily Mail

REPUBLIKA.CO.ID, Cina mulai menyelesaikan tahap akhir pembangunan teleskop radio terbesar di dunia. Proyek senilai 124 juta poundsterling ini merupakan mesin besar dengan diameter 500 meter yang dibangun di Guizhou. Perangkat bernama 'Fast' ini diharapkan kelar dibangun pada September 2014 mendatang.

Menurut China Daily, reflektor yang dimiliki teleskop ini akan mampu mengumpulkan sinyal dari seluruh alam semesta. Proyek pembangunan teleskop ini merupakan proyek astronomi Cina yang paling ambisius.

"Kami akan selesai menginstal semua panel pada Juni 216 dan berusaha untuk menyempurnakan sistem pada akhir September," kata Li Di, Kepala Lembaga Observatorium dan Ilmu Pengetahuan Cina. (Baca juga Cina bangun teleskop radio terbesar di dunia)

Diperlukan waktu 40 menit untuk mengelilingi teleskop seluas 30 kali lapangan sepak bola ini. Teleskop ini terdiri dari 4.500 panel antena untuk penangkap sinyal. Antena mampu mencerminkan sinyal dario dari alam semesta ke satu titik fokus. Menurut dia, dengan jumlah panel yang sangat banyak ini, teleskop raksasa ini akan lima kali lebih sensitif diandingkan observatorium Aceribo yang berlokasi di Puerto Rico.

Beberapa astronom antusias pembanguann Fast ini akan memberikan banyak penemuan dalam dunia astronomi. Lister Staveley Smith, astronom di University of Western Australia berharap teleskop ini bisa membantu para astroom menemukan bintang yang tidak diketahui di galaksi Bima Sakti atau yang lebih jauh dari itu.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA