Thursday, 6 Jumadil Akhir 1439 / 22 February 2018

Thursday, 6 Jumadil Akhir 1439 / 22 February 2018

Instagram Uji Coba Notifikasi Tangkapan Layar Story

Senin 12 February 2018 17:58 WIB

Rep: Christiyaningsih/ Red: Esthi Maharani

Instagram

Instagram

Foto: pixabay
Instagram akan memberikan notifikasi kepada pengguna

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bagi pengguna Instagram yang suka melakukan tangkapan layar (screenshoot) pada Story pengguna lain bisa jadi ada kabar buruk buat anda. Platform berbagi foto dan video itu baru saja menyatakan bahwa pihaknya sedang menguji coba fitur notifikasi bagi mereka yang melakukan tangkapan layar.

Instagram akan memberikan notifikasi kepada pengguna apabila ada akun lain yang menangkap layar Story miliknya. Notifikasi itu akan terlihat dalam daftar orang-orang yang sudah melihat Story. Dilansir dari laman Tech Crunch hari ini (12/2), akun yang men-screenshoot Story anda akan muncul dengan lambang serupa simbol matahari di bagian kanan.

Bagi pengguna yang akan melakukan tangkapan layar, Instagram akan memberikan peringatan terlebih dahulu. Sebelum tangkapan layar, akan muncul pop up yang berisi informasi notifikasi. "Jika anda menangkap layar atau merekam, pemilik akun dapat melihat tindakan anda," demikian tulisan pada pop up yang muncul.

Pemilik Story tidak akan secara langsung menerima notifikasi karena info si penangkap layar hanya akan muncul di daftar orang-orang yang melihat Story-nya. "Kami selalu mencoba cara untuk mengembangkan pengalaman bermain Instagram dan membuatnya menjadi plarform yang lebih mudah digunakan untuk berbagi momen dengan siapapun," demikian pernyataan resmi yang dirilis oleh Instagram.

Sebelum fitur tersebut resmi diterapkan,Instagram ingin melihat bagaimana efek pemberian notifikasi itu terhadap keterikatan antar pengguna. Sebagai contoh, Instagram ingin mengamati apakah dengan adanya fitur ini pengguna jadi lebih sedikit melihat Story pengguna lain. Jika Instagram resmi memberlakukan fitur notifikasi screenshoot, ini berarti Instagram telah mensejajarkan diri dengan Snapchat dalam hal privasi Story.

Namun laman Mirror mengungkap trik bagaimana agar notifikasi tak muncul kendati kita menangkap layar Story orang lain. Cara pertama adalah dengan menyetel smartphone pada mode pesawat. Cara kedua adalah dengan membuka Story di laptop atau PC baru kemudian Story dipotret lewat smartphone. 

 

 

 

 

 

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA