Selasa , 05 Desember 2017, 05:27 WIB

Stories Gencar Gaet Minat Warganet

Rep: Desy Susilawati/ Red: Winda Destiana Putri
Mashable
Facebook Stories. Ilustrasi
Facebook Stories. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Facebook Stories mungkin tidak terlalu populer, namun perusahaan tidak membiarkan hal itu menghentikannya untuk menemukan cara baru dan memaksa pengguna berinteraksi dengan mereka. Saat ini, Facebook memperkenalkan seperangkat fitur baru untuk semua versi Stories, termasuk yang memungkinkan video singkat dikaitkan dengan halaman, acara, dan grup tertentu.

Seperti dilansir dari laman Mashable, pembaruan juga akan menempatkan Stories dari Instagram dan Messenger di bagian atas News Feeds. Selain menjadi pukulan bagi semua orang yang membenci berita Facebook di News Feed mereka, kepindahan tersebut bisa sangat menghancurkan Snap Inc., yang telah menderita sejak Facebook dan Instagram mengenalkan Stories fetur ke aplikasinya.

Perubahan terbaru ini bisa semakin memperburuk isu-isu tersebut karena sekarang semua pengguna Facebook, termasuk mereka yang menggunakan Facebook Lite, kemungkinan akan melihat lebih banyak cerita di jejaring sosial. Kini, tidak bukan hanya selebriti dan brand yang bisa membuat Stories melalui halaman, namun grup dan acara juga akan bisa membuat Stories juga.

Selain itu, Stories orang yang sudah posting ke Instagram dan Messenger sekarang akan muncul di bagian atas News Feeds. Facebook telah menguji posting silang antara Instagram dan Facebook untuk beberapa waktu, namun membuat pejabat bergerak secara eksponensial akan meningkatkan jumlah Stories yang dibagikan ke Facebook dalam semalam.

Dalam sebuah pernyataan, juru bicara Facebook mengatakan bahwa pembaruan tersebut dimaksudkan untuk membuat Stories lebih mudah dibagikan. Facebook juga memperkenalkan cara baru Stories agar dapat dilihat oleh lebih banyak orang.

Setelan publik, yang memungkinkan pengikut Facebook, teman, dan orang lain yang telah Anda kirim ke Messenger untuk melihat kisah Anda. Setelan teman dan koneksi, yang membatasi Stories kepada teman dan orang yang telah Anda ajak mengobrol dengan Messenger (bahkan jika Anda mengirim pesan seseorang yang bukan teman Anda).

Setelan satu teman saja, yang membatasi Stories hanya untuk teman Facebook saja. Setelan khusus dan sembunyikan, yang memungkinkan Anda menentukan orang yang Anda inginkan untuk dapat melihat Stories Anda atau orang-orang yang ingin Anda sembunyikan.