Rabu , 18 October 2017, 06:27 WIB

YouTuber Ini Punya 'Ide Gila' Soal Eksistensi Manusia

Rep: ADYSHA RAMADHANI/ Red: Winda Destiana Putri
YouTube
YouTube

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kemajuan teknologi saat ini belum mampu menciptakan tiruan atau simulasi alam semesta. Akan tetapi, perkembangan teknologi yang begitu pesat tak menutup kemungkinan jika hal tersebut dapat terjadi di masa mendatang.

"Tetapi mungkin itu sudah dan terjadi, dan kita semua hanyalah alat permainan untuk peradaban alien yang canggih," ungkap sekelompok YouTuber yang menamai diri mereka Kurzgesagt - In a Nutshell, seperti dilansir Science Alert.

Tim Kurzgesagt mengungkapkan bahwa keberadaan manusia saat ini mungkin saja hanya simulasi komputer. Ide ini tentu terdengar 'gila' dan bertentangan dengan teori mekanika kuantum dalam ilmu fisika. Berdasarkan teori fisika, membuat simulasi alam semesta dengan triliunan benda di dalamnya merupakan hal yang mustahil dilakukan.

"Tapi kita juga tak memerlukan itu," sambung Tim Kurzgesagt.

Tim Kurzgesagt mengatakan simulasi alam semesta bisa dilakukan dengan membuat sesuatu yang sebenarnya kosong agar terlihat nyata. Sebagai contoh, kursi yang kita duduki mungkin saja hanya terdiri dari atom yang membentuk bagian luar kursi. Sedangkan bagian dalam kursi pada dasarnya kosong sampai kursi tersebut patah dan materi-materi baru akan terbentuk untuk membuat kursi tersebut berisi dan tidak kosong.

"Mungkin tubuh Anda juga kosong, sampai Anda berdarah atau membukanya," terang Tim Kurzgesagt.

Teori yang diungkapkan Tim Kurzgesagt tentu tak berdasar. Salah satu kekurangannya adalah menciptakan ''kesadaran'' manusia atas eksistensi mereka.

Berdasarkan teori Tim Kurzgesagt, komputasi diperlukan untuk menciptakan kesadaran agar 'manusia' di dalam komputer percaya bahwa mereka benar-benar 'ada'. Namun, proses menciptakan kesadaran pada masing-masing manusia tentu membutuhkan komputasi yang sangat besar sehingga hampir tak mungkin dilakukan oleh teknologi.

Kekurangan lain adalah komputer yang menampung seluruh 'alam semesta' itu sendiri. Jika teori Tim Kurzgesagt benar, maka komputer tersebut pasti memiliki teknologi yang sangat maju dan mungkin berukuran sebesar planet.

Tim Kurzgesagt pada dasarnya adalah sekelompok YouTuber yang rutin membuat animasi video yang tampak menarik. Seluruh video yang dibuat oleh Tim Kurzgesagt berisi penjelasan atas sesuatu yang mereka sebut nihilisme yang optimis. Nihilsme itu sendiri adalah sebuah paham yang meyakini bahwa dunia dan keberadaan manusia tidak memiliki tujuan.

Berpikir mengenai beragam teori tentang eksistensi manusia manusia mungkin hal yang cukup menyenangkan bagi sebagian orang. Terlepas dari beragam teori mengenai eksistensi manusia, yang terpenting adalah tetap fokus menjalani hidup dengan sebaik-baiknya.

Sumber : Center