Rabu , 13 September 2017, 11:35 WIB

Google tak Bisa Diakses di Sejumlah Negara

Rep: Rizkyan adiyudha/ Red: Esthi Maharani
Google
Google

REPUBLIKA.CO.ID, Google berhenti beroperasi di sejumlah negara. Raksasa teknologi asal Amerika Serikat itu terkendala masalah teknis yang membuat sejumlah fitur seperti Gmail, Drive, Youtube dan Maps tak bisa diakses.

Seperti diwartakan Independent, Rabu (13/9) permasahan ini diketahui baru menyentuh negara seperti Inggirs, Jepang, Prancis dan Amerika Utara. Hingga saat ini kendala yang dihadapi juga masih belum diketahui pasti.

Kendati, sejumlah pengguna melaporkan kesulitan untuk masuk kedalam akun google mereka. Google Drive misalnya yang mengalami gangguan akses kepada file yang ingin dipakai pengguna.

Sementara Gmail tak bisa dimanfaatkan untuk mengirim surat elektronik. Youtube juga tidak bisa diakses jika menggunakan komputer, namun beberapa pengguna masih dapat membuka laman video tersebut dalam versi mobile.

Sejauh ini, berdasarkan laporan kendala yang terjadi pada Google dan Google drive masuk dalam kategori ekstrim. Sementara Google Maps dan Youtube dalam kategori gangguan tinggi dan Gmail dalam kategori gangguan sedang.

Gangguan diketahui mulai terjadi pada pukul 04.00 pagi waktu Inggris (BST). Hingga pukul 10.00 waktu setempat kendala teknis masih belum dapat teratasi. Hingga kini, google di kawasan otoritas yang mengalami masalah masih belum memberikan keterangan resmi terkait gangguan tersebut.