Jumat , 21 April 2017, 21:50 WIB

YouTube Perluas Layanan Streaming Video

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Winda Destiana Putri
AP
Youtube
Youtube

REPUBLIKA.CO.ID, CALIFORNIA -- Laman berbagi video, YouTube, memperluas layanan live streaming untuk para penggunanya. Saat ini, pengguna YouTube sudah bisa mengaktifkan live streaming dengan basis jumlah pelanggan yang lebih sedikit.

Jika pada sebelumnya, pengguna baru bisa mengaktifkan fitur live streaming, dengan minimal jumlah pelanggan mencapai 10000 orang, maka pada saat ini jumlah tersebut jauh berkurang. Pemilik channel atau pengguna YouTube cukup memiliki 1000 pelanggan untuk bisa mengaktifkan fitur tersebut live streaming video tersebut.

Seperti dilansir laman Engadget, Selasa (18/4), fitur ini dapat diakses dengan cukup mudah. Jika Anda telah memenuhi syarat jumlah pelanggan, maka Anda tinggal masuk melalui aplikasi Creator Video dan mengaktifkan fitur live streaming. Kemudian Anda bisa langsung terhubung dengan aplikasi YouTube di seluler Anda untuk meakukan live streaming.

''YouTube juga secara otomatis menyimpan video live streaming Anda di dalam arsip video Anda,'' tulis review fitur ini di laman Engadget.

Dengan memperluas layanan ini, YouTube dinilai tengah berusaha membidik target pasar yang lebih luas, terutama yang memiliki pelanggan channel yang tidak terlalu banyak. Tidak hanya itu, ini juga menjadi salah satu cara YouTube untuk bersaing dengan Facebook.

Pasalnya, dalam beberapa tahun terakhir, Facebook juga telah melengkapi fitur dan layanan mereka dengan live streaming, yaitu lewat aplikasi Facebook Live. "Dengan menggunakan fitur ini, pengguna YouTube dapat menjangkau orang atau penonton yang lebih banyak dari sebelumnya dan memungkinan mereka membuka pintu untuk kemungkinan pengunjung yang lebih banyak."