Kamis, 9 Ramadhan 1439 / 24 Mei 2018

Kamis, 9 Ramadhan 1439 / 24 Mei 2018

Tanpa Ampun, Instagram Libas Posisi Snapchat

Senin 17 April 2017 22:29 WIB

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Winda Destiana Putri

Instagram. Ilustrasi

Instagram. Ilustrasi

Foto: Mashable

REPUBLIKA.CO.ID, Setelah perusahaan milik Facebook secara terang-terangan mulai menggeser kedudukan Snapchat, kini Instagram juga melakukan hal serupa. Saat ini, Instagram Stories memiliki jumlah pengguna aktif yang lebih banyak dibandingkan Snapchat.

Diketahui jumlah pengguna aktif Instagram Stories sudah menjapai 200 juta. Terhitung sejak awal 2017, Instagram juga mendapatkan jumlah pengguna aktif baru yanglebih banyak dibandingkan jumlah pengguna aktif baru yang didapatkan Snapchat selama satu tahun penuh pada 2016.

Semakin 'menghangatkan' persaingan, Instagram kini memperkenalkan fitur-fitur baru yang terlihat serupa dengan playbook Snapchat. Fitur-fitur tersebut di antaranya ialah geosticker, sticker pinning dan selfie sticker.

Fitur geosticker yang mirip dengan geofilter dari Snapchat ini didesain khusus terkait objek-objek khas dari berbagai kota. Saat ini, Instagram juga memperluas penggunaan fitur ini ke beberapa kota lain yaitu Chicago, London, Madrid dan Tokyo. Seluruh sticker dibuat oleh orang lokal dari kota masing-masing. Nama-nama dari para seniman perancang sticker bisa dilihat pada sticker dalam aplikasi.

Di samping itu, Instagram Stories juga memungkinkan pengguna untuk melakukan 'pin' atau menyematkan sticker dalam video melalui Sticker Pinning. Dengan begitu, sticker tersebut akan tetap berada di satu tempat meski objek dalam video bergerak ke sana ke mari. Fitur ini tak terasa asing karena memiliki kesamaan dengan fitur motion tracking emoji dari Snapchat.

Fitur lain yang dihadirkan Instagram ialah selfie sticker. Fitur yang memiliki kemiripan dengan scissors tool dari Snapchat ini memungkinkan pengguna Instagram untuk berkreasi dalam membuat sticker yang akan digunakan dalam aplikasi dengan mengambil foto selfie.

Seperti dilansir Mashable, langkah yang diambil Instagram ini jauh lebih 'tajam' jika dibandingkan Facebook dalam rangka menyaingi Snapchat. Diperkirakan, langkah Instagram untuk terus merebut hati para pengguna sosial media tidak hanya akan berhenti di sini.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES