Tuesday, 7 Ramadhan 1439 / 22 May 2018

Tuesday, 7 Ramadhan 1439 / 22 May 2018

Nokia 'Melahirkan' Internet 1000 Gbps

Jumat 23 September 2016 10:46 WIB

Rep: Nora Azizah/ Red: Winda Destiana Putri

Nokia

Nokia

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Selama ini jawara kecepatan internet masih dipegang Google Fiber dan Verizon FIOS. Nampaknya posisi tersebut akan segera lengser.

Melalui laman ZDNet.com Jumat (23/9) Nokia akan segera merilis internet dengan kecepatan 1000 Gbps dengan menggunakan serat optik. Nokia akan melakukan uji coba kecepatan tersebut pada pekan depan.

Teknologi kecepatan internet tersebut merupakan hasil penelitian dari Nokia Bell Labs, Technical University of Munich, dan Telecom Innovation Laboratories. Yang perlu digaris bawahi dari penemuan tersebut, kecepatan internet sangat dahsyat. Bahkan pengguna bisa melakukan unduh film HBO seperti Game of Thrones hanya dalam hitungan detik.

Nokia Bell Labs menyatakan, serat optik tersebut bisa digunakan perusahaan operator dan enterprise untuk meningkatkan kecepatan akses. Bahkan kapasitas data juga tergolong high-speed karena terhubung langsung dengan jaringan inti. Nokia ingin membuktikan bahwa dunia bisa mencapai kecepatan 1 Tbps untuk kemudahan akses internet.

Dalam uji coba nanti Nokia akan menjelaskan mengenai teknologi yang digunakan. Teknologi tersebut memanfaatkan Probabilistic Constellation Shaping (PCS) dan Quadrature Amplitude Modullation (QAM). Keduanya akan memberikan transmisi tinggi serta lebih efisien. Nokia yang baru saja mengakuisisi Alcatel Lucent tersebut membuktikan, bukan mustahil menemukan teknologi yang dianggap tidak biasa terjadi.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA