Rabu, 8 Ramadhan 1439 / 23 Mei 2018

Rabu, 8 Ramadhan 1439 / 23 Mei 2018

Empat Pintu Masuk Serangan Siber yang Perlu Diwaspadai

Senin 09 November 2015 02:16 WIB

Rep: c13/ Red: Dwi Murdaningsih

Cyber Crime

Cyber Crime

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dunia internet terus berkembang. Internet memungkinkan seseorang melakukan bisnis atau sekedar berselancar di dunia maya. Meski demikian kecanggihan konetivitas melalui dunia maya nyatanya memiliki efek yang negative pula.

Faktor keamanan menjadi hal yang perlu diperhatikan bagi kerap menggunakan internet dalam aktivitas sehari-hari. Peretas kini menggunakan banyak alat canggih untuk melancarkan aksi mereka untuk 'menginfeksi' komputer Anda.

Kecanggihan alat tersebut memungkinkan komputer Anda telah terinfeksi tanpa disadari. Seperti dilansir dari laman Ubergizmo, Ahad (8/11) ada beberapa serangan umum yang perlu Anda ketahui agar bisa terhidar dari kejahtan di dunia maya.

1. Phishing

Ini merupakan teknik dimana peretas membangun dan menyamar sebagai perusahaan yang sah. Tujuannya adalah menipu untuk mendapatkan informasi dari akun finansial Anda.

Biasanya perusahaan palsu tersebut terus mengirimi Anda email untuk meyakinkan legitimasi koorporasi mereka. Pesan tersebut berisi tautan untuk Anda buka atau memaksa Anda untuk memasang perangkat lunak tertentu.

Kemudian mengharuskan Anda untuk Log In dengan akun yang Anda miliki. Saat Anda log in itulah peretas berpeluang untuk mencuri segala informasi yang Anda miliki.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA