Sabtu , 06 December 2014, 18:50 WIB

Komunitas MIT Luncurkan 'GampongNet'

Red: Yudha Manggala P Putra
Gampong.Net
Laman Gampong.Net
Laman Gampong.Net

REPUBLIKA.CO.ID, BANDA ACEH -- Komunitas Masyarakat Informasi dan Teknologi (MIT) meluncurkan program "GampongNet", sebuah layanan informasi situs atau alamat website yang berasal di Provinsi Aceh.

"Saat ini GampongNet memiliki informasi lebih dari 100 alamat situs positif. Situs-situs positif ini dapat diakses melalui situs resmi GampongNet yang beralamat di www.gampong.net," kata Dosi Elfian, juru bicara Komunitas MIT, di Banda Aceh, Sabtu (6/11).

Saat ini, kata dia, di Indonesia ada 80 juta pengguna internet aktif. Jumlah tersebut diperkirakan akan terus meningkat. Pengguna internet juga sudah merambah ke gampong-gampong atau pedesaan.

Oleh karena itu, sebut Dosi, Komunitas MIT membuat sebuah layanan informasi berisi situs-situs positif, khususnya situs lokal yang tersedia di Aceh.

"Pengunjung dapat memilih berbagai situs dari berbagai kategori seperti kategori situs resmi pemerintahan, perguruan tinggi, pendidikan, masjid, email, media sosial, tokoh masyarakat, berita online, komunitas, agen travel, kuliner hingga aplikasi legal gratis," kata Dosi.

Situs-situs yang diseleksi tersebut, lanjut dia, diharapkan dapat memudahkan pengunjung mengakses informasi positif yang ingin diakses, sehingga tidak tersesat ke situs-situs negatif.

"GampongNet ini juga bisa meminimalkan penggunaan mesin pencari yang menjadi pintu masuk situs negatif. Kami berharap tidak ada lagi masyarakat Aceh mengakses situs-situs negatif," kata dia.

Ia menambahkan, layanan GampongNet merupakan bentuk dukungan dan membantu mengisi kekurangan layanan pemerintah dalam menyediakan informasi kepada publik. Serta solusi pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi, khususnya internet untuk tujuan positif dan produktif.

Sumber : Antara

Berita Terkait