Kamis, 9 Ramadhan 1439 / 24 Mei 2018

Kamis, 9 Ramadhan 1439 / 24 Mei 2018

Telkomsel Luncurkan Big Data

Jumat 07 November 2014 17:15 WIB

Red: Taufik Rachman

Haryati Lawijaya, VP digital advertising Telkomsel

Haryati Lawijaya, VP digital advertising Telkomsel

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA0-Telkomsel meluncurkan layanan terbarunya, yaitu layanan ‘Big Data’ yang merupakan layanan informasi dan analisa data perilaku sehari-hari konsumen secara kolektif.

Layanan ini akan sangat berguna bagi pemasar untuk mengetahui perilaku konsumen yang berkaitan dengan produknya sehingga dapat merancang strategi bisnis yang lebih terarah kepada kelompok konsumen yang tepat, di saat yang tepat, lokasi yang tepat dan dengan komunikasi yang tepat pula.

Vice President Digital Advertising, Haryati Lawidjaja mengatakan Telkomsel merupakan operatir pertama yang meluncurkan layanan Big Data. Layanan ini akan membantu para pelaku bisnis di Indonesia untuk meningkatkan performansi mereka.

''Layanan ini juga akan memperkaya ekosistem digital di tanah air dan diharapkan dapat membantu perkembangan Indonesia di berbagai sektor,” kata Haryati yang akrab dipanggil Fe ini.

Big data dipercaya akan memberikan berbagai manfaat kepada pelanggan korporat seperti dapat menyajikan informasi yang mendekati real-time sehingga pelanggan korporat dapat mengambil keputusan bisnis yang lebih cepat, mengelola consumer experience dan meningkatkan efisiensi operasional perusahaan. Berbagai manfaat ini pun akan membuat perusahaan-perusahaan yang menggunakan ‘Big Data’ untuk selalu berada terdepan di dalam persaingan bisnisnya.

Layanan Big Data Telkomsel akan menggabungkan data secara agregat lebih dari 139 juta pelanggannya, dengan mengutamakan privasi pelanggan. Telkomsel menghormati sepenuhnya undang-undang dan hukum yang melindungi privasi pelanggan, dan untuk itu data pelanggan dikelola secara anonim, agregat dan efisien yang dibuat menjadi informasi dan insight yang dikelola dari waktu ke waktu.

“Layanan Big Data Telkomsel akan membantu pelanggan korporat untuk mengolah kumpulan data mentah dalam jumlah besar untuk menjadi suatu informasi yang spesifik seperti dalam hal segmentasi dan analisa lokasi, sehingga dapat membantu pengambilan keputusan yang strategis seperti dalam membuat strategi iklan yang lebih akurat, dengan jangkauan yang lebih terarah dan tepat sasaran”, tambah Haryati.

Beberapa aplikasi bisnis dari informasi Big Data diantaranya digunakan untuk melakukan monitoring perubahan jumlah trafik pengunjung pusat; segmentasi konsumen berdasarkan profil tertentu; mengetahui perilaku digital konsumen, pola pergerakan konsumen antar lokasi, dan perilaku konsumen terhadap produk dan servis.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES