Friday, 10 Ramadhan 1439 / 25 May 2018

Friday, 10 Ramadhan 1439 / 25 May 2018

Video Lambat, YouTube Salahkan Koneksi Internet Penggunanya

Ahad 06 July 2014 12:55 WIB

Rep: Niken Paramita/ Red: Muhammad Hafil

You Tube Indonesia

You Tube Indonesia

REPUBLIKA.CO.ID, Jika Anda mengalami buffering saat membuka YouTube, coba cek koneksi internet Anda. Setidaknya itu yang disampaikan YouTube melalui sebuah pesan barunya. 

Pesan itu berbunyi: "Mengalami gangguan?". 

Selain itu Anda juga diminta untuk memberikan rating seberapa baik streaming YouTube melalui beberapa provider internet.  

Hal ini sebelumnya pernah diterapkan Netflix. Seorang wartawan dari Vox Media melihat pesan ini dan menyalahkan Verizon sebagai provider atas gangguan ini. Namun kondisi ini justru berujung pada gencatan surat. 

Verizon mengklaim kesalahan ini ada disisi penggunanya. Atas kejadian ini Netflix akhirnya memberhentikan pesan ini. 

Business Insider, Ahad (6/7) melansir, kehadiran pesan ini disebutkan lantaran FCC memiliki kebijakan baru yang memungkinkan para penyedia jasa internet mengenakan bayaran untuk layanan yang lebih cepat. YouTube dan Time Warner Cable misalnya sudah melakukan kerja sama untuk membuat pelanggannya mendapatkan akses terbaik ketika menonton video. 

Kebijakan ini juga membawa arus keuntungan baru bagi para penyedia jasa dan mengurangi persaingan dari start-up kecil. Yang akhirnya akan membawa dominasi pasar.

Perusahaan streaming seperti YouTube dan Netflix ingin memastikan semua orang memiliki akses yang sama ke layanan mereka. Dan pesan baru yang terbilang memalukan ini merupakan salah satu cara agar publik tahu para provider internet adalah salah satu kontrolnya.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA