Kamis, 9 Ramadhan 1439 / 24 Mei 2018

Kamis, 9 Ramadhan 1439 / 24 Mei 2018

Chrome Geser Firefox di Posisi Kedua

Sabtu 03 Desember 2011 16:07 WIB

Red: taufik rachman

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Browser internet Chrome dari Google tengah menyaingi Firefox, dan menurut sebuah perusahaan penjejak industri akan menyisihkan Firefox di pasar global.

Chrome telah menjadi program browsing internet kedua terfavorit di dunia November lalu, sekaligus menyisihkan Firefox dari posisi kedua terbesar di dunia, demikian StatCounter Global Stats seperti dikutip AFP.

Bulan lalu, Chrome mengambil porsi 25,69 persen pangsa browsing online, sedangkan Firefox 25,23 persen.  Firefox dikelola oleh Yayasan Mozilla yang berbasis nonprofit.

Internet Explorer (IE) milik Microsoft masih menjadi browser Web dominan dengan menguasai 40,63 persen pasar global.

"Kita dapat melihat perang seru antara Microsoft dan Google karena pertumbuhan Chrome menunjukkan bahwa browser Web ini akan menjadi pesaing global sesungguhnya bagi Internet Explorer," kata Kepala Eksektuif StatCounter Aodhan Cullen.

Kendati begitu, perusahaan pemringkat internet Net Application Jumat ini melaporkan bahwa Firefox masih menduduki urutan kedua pada pasar browser global meskipun Chrome telah menyempitkan ketertinggalannya tahun ini.

Firefox sudah lama tersisih di Amerika Serikat namun tetap berada di posisi kedua di negeri itu dengan 20,09 persen, melebihi Chrome yang hanya 10,89 persen, demikian StatCounter.

IE sendiri menguasai 50,66 persen pasar browsing internet di AS.(*)

Sumber : antara
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA