Kamis, 9 Ramadhan 1439 / 24 Mei 2018

Kamis, 9 Ramadhan 1439 / 24 Mei 2018

LG akan Gunakan Kamera dengan Kecerdasan Buatan

Selasa 13 Februari 2018 17:09 WIB

Rep: Eko Supriyadi/ Red: Winda Destiana Putri

Smartphone LG V30. Ilustrasi

Smartphone LG V30. Ilustrasi

Foto: Engadget
Vision AI dapat secara otomatis menganalisis apa yang difoto.

REPUBLIKA.CO.ID, SEOUL -- Gawai terbaru LG V30, yang rencananya diluncurkan pada Mobile Worl Congress tahun ini, disebut-sebut akan menyematkan kamera yang memiliki Kecerdasan Buatan (Artificial Intellegence). Perusahaan asal Korea itu telah mengembangkan 'Vision AI', untuk membuat kamera ponsel lebih pintar dan mudah digunakan.

Dikutip Engadget, Vision AI dapat secara otomatis menganalisis apa yang difoto dan dapat merekomendasikan mode bidikan terbaik dengan delapan mode, yaitu potret, makanan, hewan peliharaan, lansekap, kota, bunga, sunrise dan sunset. Teknologi ini dapat mengambil sudut dan warna objek, serta setiap bayangan di sekitarnya, termasuk tingkat pencahayaan dan kejenuhan yang diperhitungkan untuk menghasilkan gambar terbaik.

AI juga memiliki beberapa kemampuan belanja, yang dapat melakukan pencarian gambar atau memindai kode QR untuk menunjukkan tempat dimana pengguna dapat membeli barang yang difoto (bersama dengan produk sejenis) dengan harga terendah. Selain itu, Vision AI akan mengukur kecerahan gambar sebenarnya dari hasil foto, dengan telepon dalam kondisi pencahayaan rendah untuk mencerahkan bagian-bagian dari gambar yang penting.

Selain kamera AI yang baru, LG juga akan mengenalkan Voice AI bersama Google Asistant. Teknologi ini akan menambahkan perintah suara baru, yang sebagian besar terhubung ke Vision AI, di atas 23 perintah LG-eksklusif Asistant.

Pengguna dapat meminta Voice AI untuk memotret dalam mode panorama, dalam mode makanan atau dalam mode cahaya rendah. Selain itu, Voice AI bisa membuat video gerak lambat (slow motion) jika diminta dan bahkan melakukan pencarian gambar atau memindai kode QR untuk menyulap pengalaman berbelanja Vision AI.

LG mengatakan ini merupakan yang pertama dalam 'rangkaian teknologi AI' yang direncanakan untuk V30. Meski LG tidak mengatakan kapan berencana teknologi AI digunakan untuk produk lainnya.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA