Sabtu, 11 Ramadhan 1439 / 26 Mei 2018

Sabtu, 11 Ramadhan 1439 / 26 Mei 2018

Setelah iPhone, Apple Sengaja Melambatkan Baterai iPad?

Rabu 07 Februari 2018 05:58 WIB

Rep: Hartifiany Praisra/ Red: Winda Destiana Putri

iPad. Ilustrasi

iPad. Ilustrasi

Foto: Digitaltrends
Apple tidak memperkuat performa iPad berdasarkan umur baterai seperti iPhone.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Apple memiliki beberapa produk iPad yang digunakan untuk keluarga. Tentunya, baterai yang digunakan berkaitan dengan iPhone sehingga wajar untuk mempertanyakan performa dari iPad. Apakah Apple melakukan hal serupa pada iPad seperti yang dia lakukan pada iPhone.

Jawabannya adalah tidak. Seperti yang dilansir pada laman GSM Arena, Apple tidak memperkuat performa iPad berdasarkan umur baterai seperti yang dilakukannya pada iPhone.

Hal tersebut karena manajemen daya adalah bagian kompleks untuk distabilkan. Untuk itu, penuaan baterai mempengaruhi sistem karena tidak mampu mendukungnya. Hal ini yang menyebabkan iPhone mati mendadak. Untuk itu, Apple memberikan pembaharuan bagi iPhone dengan iOS 10.2.1 pada tahun lalu.

Secara spesifik, Apple menyajikan fitur yang dinamis untuk mencegah agar iPhone tidak mati secara mendadak. Fitur ini hanya diaplikasikkan pada iPhone 6, iPhone 6 Plus, iPhone 6s, iPhone 6s Plus dan iPhone SE.

Saat ini, pembaharuan iOS 11.2 Apple memberikan fitur serupa pada iPhone 7 dan iPhone 7 plus. Karena menurutnya, baterai yang digunakan sudah cukup lama setelah iPhone 8 dan iPhone 8 Plus diluncurkan. Dengan diluncurkannya iPhone X maka hal serupa akan dipasang pada iPhone, begitu seterusnya.

Baca juga: Sempat Viral, Burung Kakatua Ini Tirukan Nada Dering Iphone

Apple telah menjelaskan penurunan ini pada pengguna iPhone. Namun mengapa iPad tidak disertakan? Hal tersebut karena iPhone 6dan iPhone 6 Plus merupakan model tahun 2014. Kedua ponsel ini memiliki kapasitas baterai sebesar 1810 mAh dan 2915 mAh. Sebulan kemudian, iPad Air 2 hadir dengan kapasitas baterai 7340 mAh.

Dengan empat kali kapasitas baterai yang lebih besar, iPad mampu menangani puncak performa sehingga tidak mematikan secara mendadak seperti yang terjadi pada iPhone. Tambahan lainnya, pengguna iPad lebih jarang mengisi daya dibandingkan iPhone.

Di masa depan, kapasitas baterai akan mempengaruhi performa seperti Apple yang menyediakan kemampuan yang lebih dari iOS saat ini. Informasi mengenai kondisi baterai dapat dilihat oleh pengguna pada menu Setting kemudian pilih Battery.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES