Jumat , 12 Januari 2018, 12:00 WIB

Facebook Kembangkan Perangkat yang Bisa Kenali Wajah

Rep: Eko Supriyadi/ Red: Indira Rezkisari
EPA
Facebook
Facebook

REPUBLIKA.CO.ID, KALIFORNIA -- Facebook sedang membangun perangkat yang akan mampu menonton dan mendengarkan penggunanya di rumah. Gawai yang disebut Portal ini akan menampilkan kamera sudut lebar yang bisa mengenali wajah individu.

Melalui teknologi tersebut, Portal akan dapat menghubungkan orang yang berbeda dengan akun Facebook mereka. Sekaligusnya mencatatnya tanpa memaksa mereka memasukkan detail login mereka.

Dikutip Independent, Jumat (12/1), perangkat ini juga akan dilengkapi dengan layar sentuh 15 inci dan berbagai mikrofon. Sehingga bisa mendengarkan apa yang Anda katakan dan menanggapi perintah Anda.

Perangkat tersebut saat ini dalam pengembangan, dan kemungkinan akan diluncurkan pada konferensi pengembang berikutnya di bulan Mei. Teknologinya sedang dibangun oleh Building 8, divisi perangkat keras rahasia Facebook, yang juga bekerja pada teknologi membaca pikiran.

Portal diharapkan dapat bersaing dengan jajaran speaker cerdas Echo yang dikendalikan suara Amazon. Meski kedengarannya sangat mirip dengan Echo Show, yang juga dilengkapi kamera, mikrofon dan layar sentuh.

Facebook dilaporkan berencana untuk membuat Portal sebagai perangkat sosial untuk membuat orang tetap berhubungan dengan teman dan keluarga. Ini juga akan mampu menghubungkan dengan layanan pihak ketiga, seperti Spotify dan Netflix.

Building 8 juga mengembangkan sistem yang memungkinkan orang berkomunikasi secara eksklusif melalui sentuhan.