Kamis , 30 November 2017, 11:24 WIB

Apple Lirik Desain Ponsel Lipat

Rep: Christiyaningsih/ Red: Winda Destiana Putri
Reuters
Apple
Apple

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Apple dikabarkan mulai melirik desain baru untuk produk ponselnya. Desain lipat yang bisa dibuka tutup seperti buku menarik minat raksasa teknologi asal Amerika Serikat (AS) ini.

Laman Fortune melaporkan, pekan lalu Apple mendaftarkan hak paten handphone lipat ke U.S. Patent & Trade Office. Desain itu juga menyematkan fitur layar fleksibel.

Desain lipat ala buku itu disebut bisa menjadi solusi ketidaknyamanan pengguna dalam menyimpan gawainya. Pengguna bisa memasukkan gawainya ke dalam saku atau dompet lebih praktis dengan cara melipatnya layaknya melipat kertas. Apabila ingin membuat panggilan atau mengecek email, cukup membuka lipatan gawai tersebut.

Pendaftaran paten itu menyebut teknologi lipat juga berlaku untuk perangkat lain yang memiliki layar. Antara lain laptop, tablet, telepon seluler, jam tangan, dan perangkat lainnya. Apabila iPhone lipat jadi direalisasikan, Apple nampaknya akan mengadopsi teknologi seperti yang digunakan pada komputer Mac dan jam tangan Apple.

Namun Apple bukan satu-satunya perusahaan yang tertarik pada ponsel lipat. Samsung dirumorkan juga sedang bekerja membuat ponsel Galaxy versi desain lipat.

Untuk diketahui walau Apple mendaftarkan hak paten, itu bukan jaminan 100 persen perusahaan bakal memproduksi iPhone lipat. Apple secara rutin mengajukan hak paten dan beberapa di antaranya tidak benar-benar diwujudkan menjadi produk massal.