Sabtu , 04 November 2017, 06:02 WIB

Logitech Kembangkan Keyboard Berteknologi Virtual Reality

Rep: Eko Supriyadi/ Red: Andi Nur Aminah
vive.com
Logitech Bridge
Logitech Bridge

REPUBLIKA.CO.ID, LAUSANNE -- Logitech membuat kit aksesori virtual reality (VR) yang memungkinkan pengguna melihat keyboard di dalam VR, yang disebut Logitech Bridge. Sistem Bridge bekerja dengan headset Vive VR dari HTC, menggunakan disk vive, keyboard game Logitech G, dan aksesori yang menghubungkan keduanya.

Setelah menghubungkan pelacak ke keyboard, perangkat lunak Logitech menampilkan model keyboard 3D virtual tepat di atas yang asli. Ini adalah ide yang cukup cerdas, meski saat ini, hanya akan menghasilkan 50 pengembang sebagai bukti konsep.

Dikutip dari The Verge, Jumat (3/11), VR dikaitkan dengan kontrol gerak atau pengendali game. Namun sejumlah aplikasi, seperti desktop VR, dibangun di sekitar keyboard. Bahkan jika pengguna bisa menyentuh ketik pada keyboard biasa, sulit untuk menemukan posisi yang tepat lagi jika pengguna melepas tangan keyboard.

Sistem Logitech juga memungkinkan pengembang overlay layout keyboard kustom, yang berarti pengguna bisa mengganti hotkeys atau shortcut dengan tombol berlabel. Sistem ini bekerja pada permainan atau aplikasi yang menggunakan perangkat lunak Vive's SteamVR.

Kelemahannya, di luar ketersediaan terbatas, harganya pun terbilang mahal. Untuk sistem prototipe, harganya mencapai 150 dolar AS, disket pelacak 99 Dolar AS dan HTC Vive 599 Dolar AS.

Berita Terkait