Kamis , 12 October 2017, 13:40 WIB

Google Kenalkan Tujuh Produk Anyar

Rep: Taufiq Alamsyah Nanda/ Red: Winda Destiana Putri
CNN
Ponsel pintar Google.
Ponsel pintar Google.

REPUBLIKA.CO.ID, Secara bersamaan, Google mengeluarkan beberapa produk teknologi terbarunya kepada khalayak. Dalam sebuah konferensi pers di San Fransisco beberapa waktu lalu, Google mengumumkan tujuh produk perangkat keras terbarunya. Beberapa diantaranya ialah ponsel pintar Pixel 2, headphone futuristik dan dua speaker cerdas baru.

Dilansir laman CNN perusahaan teknologi semacam Google dan Apple saat ini sedang berlomba mengeluarkan produk terbarunya. Sebab, tidak lama lagi masyarakat akan menyambut bulan belanja. Tentunya banyak produk yang tidak mau ketinggalan untuk menyambut animo tahunan tersebut. Untuk tahun ini, tren teknologi yang sedang berkembang diantaranya adalah speaker cerdas, perangkat keamanan rumah, dan tentunya ponsel cerdas.

Pixel merupakan produk utama yang dikedepankan oleh Google. Google memberikan desain terbaik untuk menunjukkan keunggulan paling optimal dari Android. Pixel 2 dan Pixel 2 XL merupakan dua ponsel, kecil dan besar, dengan layar OLED. Pixel 2 tidak menggunakan teknologi kamera ganda seperti ponsel-ponsel lain. Keunggulan kamera Pixel 2, menurut Google, adalah pendayagunaan kemampuan komputasi dan pembelajaran mesin Google dalam mengelola hasil jepretan. Selain itu, fitur Google Lens, yang mampu mencari informasi cukup dengan mengarahkan kamera Anda ke objek dan sudah tersedia di Pixel 2.

Pixel 2 yang memiliki lebar layar 5 inci ini dibanderol dengan harga 649 dollar AS. Sedangkan Pixel 2 XL yang memiliki lebar layar 6 inci dibuka dengan harga 849 dollar AS. Keduanya saat ini sudah melayani pesanan pra-jual di Australia, Kanada, Jerman, India, Inggris dan Amerika Serikat.

Selanjutnya ada Pixel Buds. Yakni headphone nirkabel dan memiliki fitur terjemahan yang serentak jika menggunakannya dengan ponsel Pixel. Hadir dengan harga 199 dollar AS. Sebanyak 40 bahasa dapat diterjemahkan melalui headphone ini via Google Translate.

Google Clips, sebuah kamera yang dirancang untuk mereka yang ingin mengambil gambar tanpa memencet tombol. Dengan kecerdasan buatan, perangkat ini akan mengambil gambar secara otomatis ketika ada suatu peristiwa yang layak untuk diabadikan. Perangkat ini akan mengenali wajah, senyuman, hewan peliharaan dan lain sebagainya.

Hasil jepretan atau rekaman dapat ditransfer langsung ke ponsel secara nirkabel ke ponsel Pixel. Terdapat sebuah lampu LED yang menjadi penanda ketika alat tersebut sedang merekam gambar. Untuk baterai dikatakan dapat bertahan selama 3 jam. Produk anyar yang dapat dibawa pulang dengan merogoh kocek sejumlah 249 dollar AS ini dapat juga digunakan pada iPhone 6, dan rencana juga pada Samsung Galaxy S7 dan S8.

Berikutnya ada Google Home Mini. Yaitu sebuah speaker cerdas berukuran tidak lebih besar dari sebuah donut. Bentuknya melingkar dan dilapisi oleh bahan material canggih. Speaker ini memiliki fitur yang sama dengan speaker Google Home yang memiliki ukuran lebih besar. Diantaranya ialah pengenalan suara, terintegrasi dengan teknologi smart home dan cara menyalakan hanya dengan suara. Terdapat 4 lampu LED pada permukaannya. Produk seharga 49 dollar AS ini tersedia dalam 3 pilihan warna.

Sekali lagi, untuk menyaingi produk Apple, Google mengeluarkan Google Home Max. Produk yang menyaingi HomePod ini merupakan speaker ukuran besar yang dibanderol dengan harga 399 dollar AS. Terdapat dua warna pilhan, yakni abu – abu gelap dan cerah. Terdapat fitur Smart Sound, yang bisa mengatur suara sesuai dengan suasana ruangan atau lingkungan sekitar. Perangkat ini baru akan membanjiri toko pada Desember nanti. Nantinya pelanggan akan mendapatkan 12 bulan langganan gratis Youtube.

Google Pixelbook. Ini adalah perangkat terbaru Google, berupa perkawinan antara laptop dan sabak digital. Layar dan papan kunci dapat diputar 180 derajat, sehingga bentuknya bisa menyerupai laptop. Perangkat ini memiliki layar sentuh selebar 12,3 inci dan baterai yang dapat bertahan selama 10 jam. Pixelbook memiliki layanan otomatis yang disebut sebagai tethering instan. Yakni, perangkat langsung tersambung dengan jaringan nirkabel dari ponsel Pixel apabila tidak ada jaringan lainnya yang terdeteksi. Perangkat seharga 999 dollar AS ini dapat dibeli di too pada 31 Oktober nanti.

Selain perangkat keras tersebut, Google juga mengeluarkan pembaharuan untuk Google Assistant. Google meyadari bahwa anak – anak kerap kali menggunakan Google Assistant. Maka dari itu Google membeikan tambahan fitur yang dikhususkan kepada mereka. Melalui pembaharuan ini, maka Google Assistant dapat memahami apa yang diucapkan oleh anak – anak. Selain itu juga ada pilihan bagi orang tua untuk menyesuaikan perangkat bagi penggunaan anak dibawah usia 13 tahun. Google juga menambahkan 50 fitur pengalaman baru bagi anak – anak. Berupa permainan maupun kisah – kisah. Fitur tambahan tersebut dirancang melalui kerja sama dengan DC Comics dan Disney.