Sabtu , 15 July 2017, 17:46 WIB

Rahasia Lubang Kecil Pada Iphone

Rep: Rizkyan adiyudha/ Red: Esthi Maharani
Flickr/Brian Wilkins
iPhone
iPhone

REPUBLIKA.CO.ID, -- Pengguna iPhone tentu biasa melihat lubang kecil di samping kamera. Lubang tersebut nyatanya diletakkan bukan tanpa tujuan.

Apple meletakkan tiga lubang kecil pada gadget pabrikan mereka. Satu di samping kamera belakang, satu dekat penutup speaker pada bagian depan dan satu lagi ada di bagian bawah telepon.

Seperti dilansir laman Independent, Sabtu (15/7) ketiganya lubang itu memiliki peran penting dalam operasional telepon. Mereka berfungsi sebagai microphone.

Desain tiga lubang microphone itu pertama kali diperkenalkan Apple pada iPhone 5 di 2012 lalu. Ketiganya, dibuat untuk membantu ponsel dalam menangkap semua sumber suara disekitar tak peduli bagaimana pengguna menggenggam telepon.

Lubang-lubang itu juga berfungsi sebagai fitur pengenal suara yang berperan penting terhadap penggunaan Google Assistant. Apple memberikan langkah praktis untuk menguji performa microphone tersebut.

Untuk memeriksa microphone utama yang terletak di bawah ponsel, pengguna menjalankan Voice Memo kemudian menekan tombol rekam. Lalu berbicara dan mainkan rekaman untuk mendengarkan kejernihan suara.

"Kalau suara rekaman kurang terdengar jelas, pastikan microphone dekat kamera atas, belakang dan penerima sinyal tidak terhalang atau tertutup," kata Apple.