Senin , 19 June 2017, 14:10 WIB

85 Persen Warga AS Baca Berita dari Smartphone

Rep: Retno Wulandhari/ Red: Esthi Maharani
pixabay
Ilustrasi Smartphone
Ilustrasi Smartphone

REPUBLIKA.CO.ID, Sebuah survei yang dirilis Pew akhir pekan lalu menyebutkan sekitar 85 persen warga AS khususnya kalangan dewasa mengakses informasi berita dari ponsel pintar mereka. Persantase ini meningkat dari 75 persen pada tahun lalu dan 54 persen dari 2013.

Yang lebih mengejutkan lagi, peningkatan pembaca dari perangkat selular ini berasal dari kelompok usia lanjut usia. Sebanyak 65 persen dari kelompok usia 65 tahun dilaporkan megakses berita dari tablet dan ponsel mereka. Angka ini meningkat dari 43 persen pada tahun lalu dan 22 persen pada 2013.

Sedangkan pertumbuhan pembaca dari kelompok usia 50 tahun jumlahnya jauh lebih kecil karena pada dasarnya persentase mereka sudah jauh lebih tinggi. Sekitar 94 persen warga America usia 18-49 tahun telah mengakses berita dari ponsel pintar mereka.

Meskipun banyak orang yang sudah beralih membaca koran lewat peranngkat seluler, masih banyak pula yang lebih suka membaca berita dari laptop atau layar komputer. Pew menemukan sekitar dua per tiga orang dari kelompok usia 50 tahun lebih suka membaca berita dari layar PC.