Wednesday, 5 Jumadil Akhir 1439 / 21 February 2018

Wednesday, 5 Jumadil Akhir 1439 / 21 February 2018

Cara iOS Hindari Susupan Malware

Rabu 23 September 2015 15:24 WIB

Rep: MgROL49/ Red: Dwi Murdaningsih

iOS 9.

iOS 9.

Foto: macstories.net

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Apple pada akhir pekan lalu membuat pengumuman yang mengejutkan. Sebuah malware menyusup ke dalam sistem iOS App Store. Memang terdengar menakutkan. Namun iPhone mengklaim masih menjadi pilihan paling aman sebagai smartphone utama.

Adalah XcodeGhost, sebuah malware yang bisa menyusup pertahanan keamanan dari iOS. Biasanya, Apple memastikan semua software yang ada di Apple store steril. Namun, kini malware tersebut telah dihapus. Untuk mematikan aman, pengguna iPhone dan iPads hanya perlu meng-update semua aplikasi yang dimiliki.

"Apple telah menghapus aplikasi yang terinfeksi dari App Store," ujar Ryan Olson, director of threat intelligence dari Palo Alto Networks kepada The Huffington Post.

Perusahaan mengklaim, perangkat Apple masih merupakan pilihan yang jauh lebih aman dibandingkan dengan Android. Alasannya cukup sederhana, malware pada ponsel ini paling sering menyebar ketika pengguna mencoba untuk mendownload software dari sumber tidak resmi. Di sisi lain, perangkat Android sedikit lebih terbuka.

Pengguna hanya perlu mengubah satu pengaturan sedikit untuk memasang aplikasi di luar Google Play Store. Begitu terbukanya android hingga pada bulan lalu, sekitar satu juta pengguna Android terinfeksi malware ketika mereka download game sederhana dari Google Play.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA