Thursday, 6 Jumadil Akhir 1439 / 22 February 2018

Thursday, 6 Jumadil Akhir 1439 / 22 February 2018

Tahun 2012, Tahun Prosesor Quad Core?

Ahad 22 January 2012 09:09 WIB

Red: Taufik Rachman

Prosesor Nvidia Tegra 3

Prosesor Nvidia Tegra 3

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Tahun 2011 boleh jadi menjadi tahun dual core, karena banyak ponsel yang mengusung chipset ini. Bagaimana dengan 2012, banyak kalangan memprediksi tahun 2012 sebagai tahun quad core.

Pertimbangannya akan banyak device yang mengusung prosesor terbaru ini. Setelah notebook dan PC terbaru mengusung prosesor Quad Core atau prosesor empat otak, giliran tablet yang mengusung proesor yang sama. Kalau tablet sudah mengusung prosesor ini, artinya smarphone akan idem dito.

Pada ajang consumer electronic show (ECS) 2012 belum lama ini, banyak bermunculan produk yang mengusung prosesor Quad Core. Prosesor terbaru ini sebelumnya diusung pabrikan tablet. Asus Eee Pad Transformer Prime dan IdeaTad K2 besutan Lenovo, sekadar contoh. Asus juga berencana mengusung Quad Core untuk Asus Memo 370T

Tak berhenti di tablet, vendor smartphone tak mau kalah. Fujitsu,misalnya, mencuri start dengan memamerkan prototipe smartphone yang menggunakan prosesor quad core Tegra 3 dari Nvidia.

Disusul dengan HTC Edge/Endeavor, serta Samsung Galaxy S III dan Galaxy S 3D yang disebut-sebut akan mengusung Tegra 3 Nvidia. Belakangan muncul LG X3 yang juga akan mengusung Tegra 3.

Diperkirakan pada ajang mobile world congres Februari mendatang akan semakin banyak tablet dan smartphone baru yang mengusung prosesor quad core. Saat ini, banyak vendor ponsel dan tablet yang berpaling pada Tegra 3 produk NVidia

Bila pilihan kemudian jatuh pada Tegra 3, cukup beralasan. Pasalnya produk sebelumnya prosesor dual core Tegra 2, dengan speed clock 2 x 1,5 GHz, tercatat sebagai prosesor smartphone dengan kinerja paling cepat.

Smartphone terkini memang membutuhkan kinerja tinggi untuk pekerjaan-pekerjaan grafis dan multitasking. Prosesor dual core seperti Tegra 2 dinilai tidak lagi memadai untuk memenuhi kebutuhan pengguna smartphone yang semakin mobile, terbiasa dengan multitasking serta makin tinggi mengkonsumsi grafis dan video. Untuk soal kecepatan, quad core menjadi solusi.

Tak hanya cepat, prosesor Quad Core diklaim hemat energi alias menghemat penggunaan baterai. Vendor memang membutuhkan teknologi hemat baterai. Pasalnya teknologi jaringan terkini, seperti LTE/4G membutuhkan baterai yang lebih besar.

Soal baterai memang masih menjadi kontroversi. Tidak tertutup kemungkinan bahwa quad core justru boros baterai, atau setidaknya tidak mampu bekerja optimal saat berada diaktifkan pada kondisi hemat baterai. Namun yang tak terbantahkan, ia mampu mendukung kebutuhan akan kinerja yang semakin cepat. Quad core memang akan menjadi pilihan.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA