Wednesday, 8 Ramadhan 1439 / 23 May 2018

Wednesday, 8 Ramadhan 1439 / 23 May 2018

Intel Siapkan Oak Trail untuk Komputer Tablet

Jumat 07 January 2011 05:46 WIB

Red: taufik rachman

Motion Computing CL900

Motion Computing CL900

REPUBLIKA.CO.ID, LAS VEGAS--Intel memperkenalkan chip terbarunya yang dirancang untuk mendukung kinerja komputer tablet. Pada satu ujicoba, produk besutan Intel itu mampu meningkatkan kinerja baterai.

''Masa pakai baterai yang lebih lama dimungkinkan karena Intel telah memadukan chip yang setingkat dengan Oak Trail, kata Michael Johnson,'' wakil presiden senior dari bidang pengembangan produk Motion Computing.

Ujicoba dilakukan pada tablet CL900 berbasis Windows. Tablet Motion CL900 memiliki layar 10.1-inci dan menggunakan prosesor Intel Atom yang dirancang khusus untuk tablet. Prosesor ini berkecepatan 1,5GHz dan memiliki akselerator grafis yang memungkinkan tablet Motion Computing memutar penuh video definisi tinggi 1080p dalam 30 frame per detik. Prosesor Atom yang saat ini ada hanya mampu memutar video 720p.

Dari ujicoba terungkap bahwa Tablet yang menggunakan sistem operasi Windows 7, dapat menyala selama delapan jam dalam sekali pengisian baterai Tablet itu dipamerkan ketika acara ulasan untuk pers dan analis menjelang Consumer Electronics Show, yang diadakan di Las Vegas pada 6 - 9 Januari ini.

Chip tersebut memiliki peranti keras khusus yang dengan cepat mendekode video definisi tinggi, kata Johnson. Chip ini juga memiliki decoder untuk mempercepat pemutaran file MPEG pada Windows Media Player, tambahnya.

Intel juga akhirnya menggunakan inti grafis berbeda dari yang selama ini digunakan chipset Atom yang terlihat dari peningkatan performa grafisnya, kata Johnson.

Intel mengumumkan chip Oak Trail tahun lalu sebagai tanggapan ataa meningkatnya permintaan pada komputer tablet. Perusahaan itu sedang berjuang menghadapi Arm yang prosesor buagtannya digunakan oleh banyak komputer tablet yang ada saat ini, termasuk iPad dari Apple dan Galaxy Tab buatan Samsung.

Awalnya Intel menawarkan chip netbook untuk tablet, tetapi perusahaan-perusahaan lebih memilih untuk menggunakan chip berbasis prosesor Arm, karena sangat efisien.

Oak Trail akan menjadi platform tablet yang kompetitif, kata David Kanter, analis pada Real World Technologies.

Intel ingin memperluas perangkat arsitektur x86 buatannya agar kompatibel dengan piranti lunak, tetapi itu harus mempertimbangkan faktor bahwa ambisi ini mungkin merugikan para pembuat komputer tablet, kata Kanter.

Motion Computing utamanya membuat PC berbasis bisnis, sedangkan CL900 Motion menarget pasafrf seperti pekerja lapangan dan peritel. Tablet itu termasuk storage berkapasitas 30GB dan memori RAM sebesar 2GB.

Beratnya sekitar 0,9 kilogram, dilengkapi layar sentuh berbahan kaca superkuat. Komputer tablet ini dijual dengan harga sekitar 1.000 dolar AS dan akan mulai dikirimkan awal kuartal kedua tahun ini.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA