Kamis, 6 Jumadil Akhir 1439 / 22 Februari 2018

Kamis, 6 Jumadil Akhir 1439 / 22 Februari 2018

Cafe Basi, Makan dengan Harga Ditentukan Sendiri

Jumat 26 Januari 2018 19:19 WIB

Red: Budi Raharjo

Cafe Basi

Cafe Basi

Foto: KPM
Slogan cafe ini, mengenyangkan orang yang lapar dan melaparkan orang yang kenyang.

REPUBLIKA.CO.ID,Pada umumnya setiap rumah makan akan menghidangkan menu sajian dan diberi label harga tertentu sesuai jenis hidangan. Berbeda dengan rumah makan kebanyakan, Cafe Basi hadir dengan konsep memberikan kebebasan pengunjung untuk menentukan harga makanan dengan bayaran seikhlasnya.

“Konsep cafe basi ini membantu masyarakat untuk dapat memenuhi kebutuhan dasar pangan dengan menyedakan makanan sederhana dengan bayaran seikhlasnya,” terang Meita Fitriyani, Kepala Bagian Read1 Group.

Cafe yang memiliki slogan mengenyangkan orang yang lapar dan melaparkan orang yang kenyang ini menyajikan menu utama bubur kacang hijau yang dimasak setiap hari. Selain itu, Cafe Basi menyediakan menu lainnya tergantung dari pemberian masyarakat.

“Cafe Basi menerima hadiah berupa makanan siap saji dari masyarakat yang memiliki makanan berlebih untuk kami bantu sajikan,” ujar Meita. Ia menambahan, baik bubur kacang hijau maupun hidangan lainnya dapat dibayarkan seikhlasnya yang dimasukkan ke dalam keropak yang telah disediakan.

photo

Cafe Basi

Lebih lanjut Meita menyampaikan, visi misi Cafe Basi yakni membantu sesama. Cafe Basi membuka peluang sebesar-besarnya bagi masyarakat yang mampu untuk memberikan hadiah berupa makanan kepada Cafe Basi sehingga banyak masyarakat lain yang dapat menikmati Cafe Basi.

“Siapa pun boleh makan di Cafe Basi, anak-anak sekolah, orang tua siswa, anak yatim, maupun masyarakat luas boleh makan di sini. Semakin banyak orang yang datang ke Cafe Basi, berarti semakin banyak orang yang kita bantu. Diharapkan rezeki lain yang tidak terduga dari Allah akan datang,” jelas Meita.

Untuk dapat menikmati hidangan di Cafe Basi, para pengunjung wajib menaati tata cara yang berlaku. Pertama, ketika masuk pengunjung harus mengucapkan salam. Kedua, sebelum makan, pengunjung harus melantunkan istigfar dan Shalawat Nabi.

Ketiga, membaca doa sebelum makan. Keempat, pengunjung mengucapkan Hamdallah dan doa setelah makan. Kelima, sebelum meninggalkan cafe, pengunjung dipersilakan mengisi keropak yang telah disediakan, dan mengucapkan salam ketika meninggalkan Cafe Basi.

“Hal lain yang perlu diperhatikan di Cafe Basi, makanan yang telah diambil harus dihabiskan dan tidak boleh bersisa, berperilaku dan berkata-kata yang baik dan sopan, serta tidak diperkenankan merokok selama berada di dalam cafe,” imbuh Meita.

photo

Cafe Basi

Selain dapat menikmati hidangan yang dibayarkan secara seikhlasnya, para penunjung dapat mengasah otak dengan mencoba permainan matematika yang disediakan. Adapun permainan yang terdapat di Cafe Basi antara lain Tic Tac Toe 9, Cat & Mouse, Sudoku, Hoopers, Berlian Matematika, Logic, Ular Tangga, dan Maze.

“Meja-meja di Cafe Basi ini dihiasi dengan papan-papan permainan matematika. Jadi, para pengunjung tidak handa bisa bersantap, namun juga dapat bermain. Pengunjung tidak perlu khawatir karena akan dipandu oleh petugas Cafe Basi jika tidak mungerti cara memainkannya,” usar Meita.

Demi mempercantik ruangan cafe, dinding-dinding Cafe Basi dihiasi dengan tempelan-tempelan yang berhubungan dengan matematika, seperti daftar perkalian, rumus-rumus matematika, dan berbagai eksplorasi matematika lainnya.

Bagi Anda yang tartarik menikmati keunikan dan bersantap dengan harga yang Anda tentukan sendiri, kunjungi Cafe Basi pada pukul 09.00 WIB hingga 16.00 WIB hari Selasa hingga Sabtu.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA