Sabtu , 18 November 2017, 16:00 WIB

Fun Science Republika Buat Matematika-IPA Jadi Menyenangkan

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Budi Raharjo
Zahrotul Oktaviani
Fun Science Republika
Fun Science Republika

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Hari Sabtu (18/11) ini kegiatan Fun Science kembali dilakukan di Kantor Harian Republika. Sebanyak 63 siswa-siswi SD dari kelas 4, 5, dan 6 menghadiri kegiatan yang menjadi kerja sama Republika dan Klinik Pendidikan MIPA (KPM).

Kegiatan kali ini dipandu oleh Ina Ana Khoeriah dan Rathri Candra Dewi sebagai staff litbang KPM. Ina sendiri fokus untuk bagian sains sedangkan Rathri pada bagian matematika.

Kedua orang tersebut mempersiapkan masing-masing tiga permainan yang bisa dilakukan oleh peserta. Percobaan dan permainan tersebut bisa dilakukan secara individu dan berkelompok. "Kerja sama Republika dan KPM ini berguna untuk mengajak anak-anak agar mengubah pemikiran mereka bahwa matematika dan IPA bisa dieksplore dengan lebih menyenangkan," ucap Ina di Gedung Kantor Republika, Sabtu (18/11).

Ina kemudian menyatakan diharapkan dengan kegiatan ini bisa membantu peserta agar lebih memahami materi yang ada. Terlebih pada mata pelajaran matematika yang terkadang sulit dipahami mereka.

Untuk pelajaran matematika, minggu ini tema yang diangkat adalah Bermain dengan Angka. Ada tiga permainan yang disiapkan, yaitu Menebak sosok dengan hitungan matematika, Peta rahasia, dan Ular tangga yang telah dimodifikasi.

Sementara untuk bagian sainsnya, Ina mengajak siswa-siswi untuk lebih bermain dan eksperimen dengan bahan kimia. Tema yang diangkat yaitu "Explore with Chemistry".

Dalam percobaan tersebut disiapkan tiga jenis percobaan berbeda yaitu, gunung meletus, popcorn menari, dan percobaan karbonasi minuman dengan permen. Alat dan bahan yang digunakan merupakan bahan yang gampang ditemui sehari-hari.

"Pekan sebelumnya kita lebih ke strategi jadi main bentuk geometri itu nggak terlalu ngitung sekarang main angka karena biar yg tidak terbiasa ngitung, atau susah dan tidak suka matematika dengan bermain bisa terpancing dan mau tidak mau dia menghitung. Dengan aktifitas yang menyenangkan semoga anak-anak lebih suka," ujar Rathri.

Selain kegiatan untuk anak-anak, di tempat berbeda terdapat kegiatan lain yang disiapkan untuk Orang tua. Para Orang tua diberikan sesi tersendiri yang akan membahas suatu isu. Kali ini isu yang diangkat adalah menjadikan anak hebat dengan cara berfikir suprasional.Kegiatan orang tua diisi oleh Ridwan Hasan Saputra selaku pemilik KPM.

Salah satu orang tua yang mengikuti kegiatan /parenting/, M. Sahid, menyatakan bahwa kegiatan ini merupakan sesuatu yang bagus dan perlu ditingkatkan. Republika dianggap peduli terhadap sektor pendidikan dan memberi kesempatan bagi anak-anak untuk berkembang.

"Republika memperhatikan sektor pendidikan, anak menjadi ada ruang untuk ketemu teman dan mencari ilmu. Dan Republika juga membentuk sebuah tempat untuk menambah ilmu," ucap Sahid.

Untuk kegiatan orang tua, Sahid sendiri menyatakan suatu hal yang baik perlu dilanjutkan dan dipertahankan. Kegiatan tersebut baik untuk tempat saling berbagi informasi.

Sahid kemudian memberi masukan kepada pihak Republika agar membuat semacam kompetisi. Kompetisi tersebut diajukan bagi siswa-siswi yang memang memiliki minat pada matematika dan sains.

Tiga sekawan yang menjadi peserta kegiatan, Bintang, Afatar, dan Fatan mengaku suka dengan kegiatan Fun Science yang mereka ikuti. Mereka sangat antusias dan mencoba semua praktik yang ada.

"Seru. Tadi nyobain gunung meletus, popcorn dancing, sama yang pakai minuman karbon itu. Berhasil semua," ucap Bintang.

Bintang dan Afatar mengaku baru pertama mengikuti kegiatan Fun Science. Sementara Fatan sudah kedua kalinya. Bintang dan Afatar pun mengikuti kegiatan ini karena diajak Fatan.

"Seru banget. Mau kesini lagi. Ntar juga dirumah mau coba sendiri yang percobaan tadi," ucap Afatar.

Berita Terkait