Sabtu , 18 November 2017, 14:16 WIB

Serunya Bermain Angka dan Bahan Kimia di Fun Science Republika

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Budi Raharjo
Zahrotul Oktaviani
Fun Science Republika
Fun Science Republika

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Kegiatan Fun Science kembali dilakukan oleh Republika. Kali ini kegiatan Fun Science berfokus pada bermain dengan angka dan uji coba bahan kimia.

Kegiatan ini dilakukan oleh Republika dan bekerja sama dengan Klinik Pendidikan MIPA (KPM). Pembelajaran matematika dan sains dilakukan dengan cara semenyenangkan mungkin dan menarik minat siswa-siswi.

"Kegiatan ini berguna untuk mengajak anak-anak dan mengubah pemikiran mereka bahwa matematika dan IPA itu bisa dilakukan dengan lebih menyenangkan. Diharapkan mereka bisa lebih memahami materi-materi yang ada," ucapIna Ana Khoeriah selaku Staff Litbang KPM bagian sains di Republika, Sabtu (18/11).

Salah satu Staff Litbang KPM MTK, Rathri Candra Dewi, mengajak Siswa-siswi kelas 4, 5, dan 6 tersebut untuk bermain dengan angka. Ada tiga permainan yang disiapkan oleh Rathri untuk anak-anak tersebut.

Permainan pertama yaitu menebak sosok dengan hitungan matematika. Rathri menyiapkan sebuah kertas yang di dalamnya sudah ada hitungan serta panduan huruf dari angka yang ditemukan.

"Saya sudah nemu Bu," ucap salah satu peserta yang pertama kali menemukan jawaban dari permainan tersebut. Beberapa saat kemudian teman-temannya yang lain menyusul.

Di permainan kedua disebut Peta Rahasia. Dalam kertas yang sudah disiapkan oleh KPM terdapat teka-teki koran manakah yang akan dikirimkan kepada pembaca Republika.

Untuk menentukan arah dan jalur yang diambil, peserta Fun Science harus menghitung dari soal-soal yang telah tersedia. Baru kemudian terbentuklah jalan untuk pengiriman koran.

Permainan ketiga sejenis dengan ular tangga. Permainan kali ini dilakukan secara berkelompok dengan jumlah maksimal 4 orang tiap kelompoknya.

Cara bermainnya peserta akan mengocok dadu terlebih dahulu untuk menentukan berapa langkah yang bisa mereka ambil. Namun untuk langkah selanjutnya peserta kembali harus melakukan hitung-hitungan agar bisa maju. Jika peserta salah menghitung mereka wajib mundur satu kotak.

Sesi kedua kemudian dilanjutkan dengan percobaan Sains. Kali ini percobaan dipandu oleh Ina Ana Khoeriah selaku Staff Litbang KPM bagian sains.

Bahan-bahan percobaan ini terbilang gampang ditemui di kehidupan sehari-hari. Ada air, soda, baking powder, minuman berkarbonisasi, hingga cuka.

Pertama-tama Ina mencotohkan percobaan yang akan dilakukan didepan siswa-siswi yang ada. Tiga percobaan yang dilakukan adalah Vulcanic Eruption, Dancing Popcorn, dan Percobaan cola dan permen.

Saat peserta diizinkan membentuk kelompok dan melakukan percobaan, berbagai reaksi diperlihatkan oleh mereka. Dengan penuh antusias mereka mencatat dan mengikuti langkah-langkah yang telah diberikan. "Punyaku bisa meletus dua kali, Bu," ujar salah satu peserta yang mencoba melakukan percobaan letusan gunung berapi.

Sementara kelompok lainnya yang mencoba percobaan jagung yang menari terlihat berusaha menambah soda kedalam larutan air agar jagung yang ada terus 'menari'. Fun Science sendiri merupakan kegiatan rutin bulanan yang dilakukan oleh Republika yang mengangkat tema berbeda tiap pertemuannya. Kelas ini bisa diikuti oleh umum dengan biaya seikhlasnya.

Berita Terkait