Senin , 30 October 2017, 09:09 WIB

SDI Al Azhar 15 Pamulang Ikuti Program Eksplorasi Matematika

Red: Dwi Murdaningsih
klinik pendidikan matematika
Klinik Pendidikan MIPA (KPM) mengisi program 'Fun Math & Science Go to School' di SDI Al Azhar 15 Pamulang  dengan konsep eksplorasi dalam bentuk simulasi nyata (real-life experiences), Kamis (26/10).
Klinik Pendidikan MIPA (KPM) mengisi program 'Fun Math & Science Go to School' di SDI Al Azhar 15 Pamulang dengan konsep eksplorasi dalam bentuk simulasi nyata (real-life experiences), Kamis (26/10).

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG-- Klinik Pendidikan MIPA (KPM) mengisi program 'Fun Math & Science Go to School' di SDI Al Azhar 15 Pamulang  dengan konsep eksplorasi dalam bentuk simulasi nyata (real-life experiences), Kamis (26/10). Sebanyak 91 siswa/siswi kelas 5 mengikuti kegiatan belajar eksplorasi matematika dan sains dengan konsep yang menyenangkan.

Kegiatan dimulai pukul 08:30 WIB yang dihelat di lapangan sekolah. Instruktur memulai acara dengan senam otak dan ice breaking, pembagian grup, dan yel-yel penambah semangat. Kegiatan ini dibagi menjadi 2 sesi, yaitu sesi 1 kelompok siswi yg mengikuti program eksplorasi matematika dan sains di lantai 3. Sesi lainnya adalah kegiatan eksplorasi matematika pizza fraction dan eksperimen sains oil and water.

Sementara siswa mengikuti program fun math games & out door learning character building sampai dengan pergantian ke sesi 2. Permainan satu persatu diikuti semua peserta dengan antusias dan gembira. Walaupun terik matahari menyengat, tak mematahkan semangat dan antusias belajar peserta.

Kenapa sekolah perlu mengadakan Fun Math & Science? Nova Ronaldo, ketua panitia kegiatan ini menuturkan  saat ini siswa perlu diperkenalkan dengan sajian pembelajaran matematika dan sains dengan metode eksplorasi dalam bentuk permainan. Lantas, di kombinasikan simulasi nyata untuk mengasah kemampuan nalar, eksplorasi, strategi, serta meningkatkan minat siswa pada mata pelajaran matematika dan sains. Hal ini juga bisa membantu siswa meningkatkan kerja sama dan menjalin komunikasi yang positif antar sesama peserta.  

"Dengan adanya kegiatan Fun Math and Science go to School seperti ini, kita berharap agar para siswa dan siswi mendapat ilmu yang bermanfaat," ujar Nova Ronaldo.

Salah seorang peserta, Adam mengatakan sangat senang dan merasakan banyak manfaatnya setelah mengikuti kegiatan ini. "Saya semakin suka dan tidak takut lagi belajar matematika." ujar pemilik nama lengkap Adam Fajar Aqila ini.