Kamis , 19 October 2017, 00:03 WIB

TNI dan Siswa Belajar Bela Negara Lewat Wisata Matematika

Red: Dwi Murdaningsih
kpm
Pelatihan Wisata Matematika Bela Negara di Palu.
Pelatihan Wisata Matematika Bela Negara di Palu.

REPUBLIKA.CO.ID, PALU -- Banyak cara untuk menumbuhkan wawasan kebangsaan dan budi pekerti bagi generasi muda. Salah satu cara yang menyenangkan yakni melalui Wisata Matematika Bela Negara (WMBN).

Kodim 1306/Donggala menjadi tempat pelaksanaan seminar sosialisasi WMBN, Rabu (11/10).  Tidak hanya menjadi tempat sosialisasi, Kodim 1306/Donggala juga menjadi percontohan pelatihan WMBN yang dihadiri 30 pelajar SMP Negeri 14 Palu, Jumat (13/10).

Letnan Kolonel Kav Gede Masa, selaku Dandim 1306/Donggala, menjelaskan bahwa wisata matematika bela negara merupakan kegiatan sangat penting. “Disini tidak hanya melibatkan peran anggota TNI, tetapi guru, pelajar, bahkan masyarakat ikut serta menikmati pelatihan tersebut. Dampaknya sangat positif. Pada awalnya matematika dipandang menyeramkan. Keunikan permainan matematika bela negara diharapkan membawa angin segar bagi pelajar dan masyarakat untuk menyenangi matematika," kata dia.

Dia menambahkan keterlibatan guru, siswa, dan masyarakat sekitar diyakini akan efektif meningkatkan ilmu pengetahuan dan wawasan kebangsaan. Selain memiliki  daya tarik, pelatihan ini akan menjadi bekal bagi generasi muda agar memiliki intelektual yang tinggi dan berbudi pekerti.

Siti Khadijah, siswi asal SMPN 14 Palu yang datang sejak pukul 08.00 mengungkapkan bahwa pelatihan ini sangat  berkesan. “Melalui kegiatan ini, saya dapat mengetahui wawasan kebangsaan, permainan matematika, dan tidak kalah menariknya, dilatih anggota TNI yang ramah," kata pelajar kelas 8 SMP itu.

Hal senada juga dikemukakan H. Erni selaku guru pendamping yang mengaku bersyukur telah hadir dalam kegiatan WMBN. Dia berharap kegiatan ini dapat membuka wawasan kebangsaan generasi muda penerus bangsa.

“Saat saya  kembali ke sekolah nanti, saya selaku guru akan mengajak siswa lain untuk mengenal wawasan kebangsaan melalui wisata matematika bela negara bersama anggota TNI,” kata dia.