Sabtu , 30 September 2017, 18:37 WIB

Wawasan Kebangsaan Bisa Juga Dikenalkan Lewat Matematika

Red: Dwi Murdaningsih
klinik pendidikan mipa
Peresmian website permainan matematika bela negara, Jumat (29/9).
Peresmian website permainan matematika bela negara, Jumat (29/9).

REPUBLIKA.CO.ID, BALIKPAPAN -- Ada banyak cara untuk memperdalam wawasan kebangsaan. Website permainan matematika bela negara (PMBN), keberadaannya menjadi salah satu alternatif bagi masyarakat yang ingin mengenal lebih mendalam tentang wawasan kebangsaan.
 
“Permainan yang mengombinasikan ilmu matematika dan 4 pilar kebangsaan ini sangat efektif untuk menumbuhkan sikap cinta tanah air,” kata Brigjen TNI M. Nur Rahmad selaku Kasdam VI/Mulawarman.
 
Pada kesempatan yang sama, Ketua Lembaga Sertifikasi Profesi Universitas Airlangga Surabaya, Kartono mendukung gagasan kreatif berwujud permainan matematika bela negara. Dengan adanya aplikasi ini, kata dia, membuat jangkauan pengenalan bela negara lebih luas.

"Disamping itu, bukan hanya dunia militer saja yang bisa menikmati, melainkan warga sipil, lembaga pemerintah, pendidikan dan masih banyak lagi. Sehingga partisipasi masyarakat yang belum mengenal wawsan kebangsaan akan lebih luas,” ujarnya.
 
Upaya untuk membudayakan permainan ini ditanggapi oleh Asisten Teritorial Kodam VI/Mulawarman Kolonel Inf Heri Setya Kusdiantana. Setelah diresmikan pada Jumat (29/9) kemarin, website ini akan segera disosialisasikan kepada babinsa, kemudian masuk ke ranah pendidikan atau pelajar.

“Pelajar merupakan segmen potensial, jejaring kami akan masuk ke tingkat dasar, menengah bahkan sekolah menengah atas (SMA)," kata dia.



Berita Terkait