Sabtu , 16 September 2017, 10:51 WIB

Ratusan Anak Ikuti Republika Fun Science

Rep: Ali Mansur/ Red: Dwi Murdaningsih
republika/ali mansur
Tidak kurang dari 100 anak-anak sekolah dasar (SD) mengikuti acara di Gedung Republika, Warung Buncit, Jakarta, Sabtu (12/8).
Tidak kurang dari 100 anak-anak sekolah dasar (SD) mengikuti acara di Gedung Republika, Warung Buncit, Jakarta, Sabtu (12/8).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tidak kurang dari 100 anak-anak sekolah dasar (SD) mengikuti acara di Gedung Republika, Warung Buncit, Jakarta, Sabtu (12/8). Kegiatan ini selain belajar ilmu pengetahuan dan Matematika juga sebagai saran hiburan anak-anak. Mereka pun nampak sumringah dan antusias mengikuti kelas.

Salah seorang pengajar sekaligus staf Litbang Klinik Pendidikan MIPA selaku fasilitator acara ini Ratri Candra mengatakan dirinya mengajarkan anak-anak matematika dengan metode yang cukup menyenangkan. Salah satu caranya adalah dengan permainan matchsticks menggunakan batang korek api. "Banyak acara agar anak-anak menyukai matematika," kata Ratri Candra, di sela-sela acara Republika Fun Science, Sabtu (16/9).

Dia berharap sepulangnya dari acara Republika Fun Science anak-anak tidak lagi takut dengan soal-soal matematika yang diajarkan gurunya masing-masing di sekolah. Justru anak-anak menjadi suka dengan ilmu matematika. Apalagi selama ini kan pelajaran matematika kerap tidak disukai oleh anak-anak. "Maka harus diajarkan sejak dini," kata dia.

Sementara itu ratusan anak membentuk kelompok, masing-masing beranggotakan 10 anak per kelompok. Mereka diberikan tugas oleh Ratri untuk menyusun sejumlah batang korek api menjadi berbagai bentuk, tanpa harus mengurangi. Anak-anak juga diajarkan cara menyusun angka dengan Futoshiki. "Kalau matchsticks itu melatih anak-anak belajar Geometrik," kata Ratri.

Berita Terkait