Kamis , 07 September 2017, 12:36 WIB

Wisata Matematika untuk Pendidikan Karakter

Red: Dwi Murdaningsih
KMP
Raden Ridwan Hasan Saputra selaku pendiri Klinik Pendidikan MIPA Bogor, menjadi narasumber dalam seminar Berpikir Supra Rasional, Kamis (6/7).
Raden Ridwan Hasan Saputra selaku pendiri Klinik Pendidikan MIPA Bogor, menjadi narasumber dalam seminar Berpikir Supra Rasional, Kamis (6/7).

REPUBLIKA.CO.ID,  BOGOR -- Kodim 0606/Kota Bogor menyelenggarakan kegiatan Wisata Matematika Bela Negara (WMBN) dalam konteks penguatan pendidikan karakter. Kegiatan ini dihadiri 64 kepala sekolah dan guru Sekolah Menengah Pertama (SMP) se-Kota Bogor.

Seminar Wisata Matematika Bela Negara diselenggarakan di Aula Makodim 0606/kota Bogor, atas kerjasama Staff Umum Angkatan Darat (STERAD), Kodim 0606/Kota Bogor, dan Klinik Pendidikan MIPA (KPM). Materi diberikan oleh Tim Klinik Pendidikan MIPA yang disampaikan oleh Raden Ridwan Hasan Saputra dan Moh. Arodhi.

Wisata matematika ini dilatarbelakangi kondisi ironi terjadi di dunia pendidikan Indonesia. Banyak anak terpelajar, tetapi lemah budi pekerti. Pendidikan kita minus karakter. Oleh karena itu, perlu upaya nyata untuk memperkuat pendidikan karakter  agar generasi muda Indonesia memiliki moral, etika dan, budi pekerti luhur.

Kepala Dinas Kota Bogor Fahrudin berharap seluruh pelajar di Kota Bogor dapat mengikuti kegiatan ini. “Kami sangat berterima kasih kepada institusi TNI AD dan Klinik Pendidikan MIPA karena telah menggelar Seminar Wisata Matematika Bela Negara," ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Dandim 0606/Kota Bogor, Letkol Arm Dodi Suhardiman turut memberikan apresiasi terhadap kegiatan ini. Menurutnya permainan matematika bela negara ini dapat mudah diterima oleh masyarakat. "Karena bentuk penyajiannya yang unik dan kreatif, terdiri dari unsur permainan matematika yang diintegrasikan dengan wawasan bela negara," ujar Dodi.