Ahad , 23 Juli 2017, 14:16 WIB

Kepala Sekolah SMP di Depok Ikuti Seminar Suprarasional

Red: Qommarria Rostanti
Dok istimewa
Raden Ridwan Hasan Saputra menjadi pembicara di MKKS SMP swasta se-Kota Depok.
Raden Ridwan Hasan Saputra menjadi pembicara di MKKS SMP swasta se-Kota Depok.

REPUBLIKA.CO.ID, SUKMAJAYA -- Lebih dari 70 kepala sekolah yang tergabung dalam Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMP swasta se-Kota Depok mengikuti seminar konsep berpikir suprarasional menuju Indonesia ikhlas. Kegiatan yang diselenggarakan pada Sabtu (22/7) kemarin itu bertujuan meningkatkan kualitas pola berpikir untuk menghadapi berbagai tantangan dunia pendidikan.

Disela-sela kesibukannya sebagai pelatih Olimpiade Matematika Internasional, Raden Ridwan Hasan Saputra memenuhi undangan untuk hadir sebagai pembicara pada kegiatan tersebut. Ketua MKKS SMP se-Kota Depok sekaligus Kepala SMP Putra Bangsa Depok, Nina Herlina, antusias dengan tema seminar yang disampaikan oleh Ridwan. Ketertarikannya bermula saat dia pernah menghadiri seminar Ridwan di salah satu sekolah swasta di Kota Depok.

"Setelah menyimak pesan yang terkandung dalam seminar tersebut, saya pun berkeinginan Bapak Ridwan HS dapat memberikan motivasi juga kepada kepala SMP se-kota Depok," ujarnya dalam keterangan tertulis yang diterima Republika.co.id, Ahad (23/7).

Menurut dia, ini adalah momen tepat untuk menguatkan kembali rasa ikhlas dan memiliki kepedulian yang tinggi sebagai seorang pendidik. Dia berharap kedepannya para kepala sekolah yang sudah mengikuti seminar suprarasional dapat menularkan konsep ini kepada lingkungan sekolah masing-masing. "Supaya terjadi perubahan sistem pendidikan kearah yang lebih positif," ujar Nina.

Salah satu peserta seminar, Zulkarnain, sependapat dengan konsep yang disampaikan oleh Ridwan. "Karena pola pikir ini jarang dilakukan masyarakat pada umumnya. Selain itu, konsep ini tetap mengedepankan nilai agama dan nasionalisme dalam aplikasinya," kata Kepala SMP Citra Bangsa Depok ini.