Sabtu , 20 Mei 2017, 17:34 WIB

Demi Fun Science Republika, Guru Ini Rela Mengarungi Teluk Jakarta

Rep: Singgih Wiryono/ Red: Karta Raharja Ucu
Republika/Prayogi
Peserta mengambil sertifikat usai mengikuti kegiatan Fun Science For Teacher di Kantor Republika, Jakarta, Sabtu (20/5).
Peserta mengambil sertifikat usai mengikuti kegiatan Fun Science For Teacher di Kantor Republika, Jakarta, Sabtu (20/5).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Demi menyambangi Gedung Republika di Jalan Warung Buncit, Herry Candra Jaya rela mengarungi teluk Jakarta. Perjalanan panjang Herry ke kantor Republika itu untuk menjadi peserta Fun Science for Teacher yang digelar Republika.

"Ini hal yang baru, saya terharu sekali, pikiran saya terbuka di sini," ujarnya saat ditemui selepas acara Fun Science di gedung Republika, Jalan Warung Buncit No.37 Jakarta Selatan, Sabtu (20/5).

Pria berusia 52 tahun tersebut mengatakan, acara Fun Science membuka kesadarannya terhadap masalah-masalah yang dihadapinya, termasuk dalam mengajar. Keikhlasan dalam mendidik, kata dia, merupakan masalah yang sering ditemui guru saat ini.

"Kita harus berpikir suprarasional, saya merasa saya akan lebih baik, dengan mengikuti apa yang sudah diberikan dalam ulasan tadi," kata guru SMA Negeri 69 Kepulauan Seribu tersebut.

Herry mengaku yakin dan percaya ketika cara berpikir suprarasional diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, maka akan mendapatkan kemudahan dalam tindakan. "Saya kira ini perlu diteruskan untuk pencerahan, karena saya merasa baru kali ini ada pencerahan seperti ini, ada penjelasan rasional, di mana penjelasan itu sangat bisa saya tangkap," ucap dia.

Lebih lanjut, Herry menjelaskan, dengan mendengar pemaparan pemateri, kekurangan yang dimunculkan dalam dirinya seakan-akan terang dan nyata, dan solusi dari segala masalah tersebut juga terlihat sangat gamblang. "Itu ada di sini, sangat gamblang sekali, sehingga yang saya rasakan sulit, ternyata sangat mudah," kata Herry.