Sabtu , 20 May 2017, 16:57 WIB

Fun Science Ajak Para Guru Berfikir Suprarasional

Rep: Singgih Wiryono/ Red: Karta Raharja Ucu
Republika/Prayogi
Pemateri Raden Ridwan Hasan Saputra memberikan materi pada kegiatan Fun Science For Teacher di Kantor Republika, Jakarta, Sabtu (20/5).
Pemateri Raden Ridwan Hasan Saputra memberikan materi pada kegiatan Fun Science For Teacher di Kantor Republika, Jakarta, Sabtu (20/5).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Lima puluh tenaga pendidik ambil bagian dalam acara Fun Science yang digelar Republika, Sabtu (20/5).Mengusung tema khusus untuk pendidik, puluhan guru yang menjadi peserta berasal dari beberapa daerah di Jabodetabek.

Salah satunya adalah Endah Sri Susmiati (38), Endah mengatakan, acara Fun Science menambah wawasannya untuk bagaimana bersikap saat menghadapi masalah, terutama masalah-masalah yang dialami tenaga pendidik. "Acara ini cukup menarik, karena menambah wawasan saya untuk bersikap dan berpikir suprarasional, selama ini kita berpikir rasional bagaimana menyelesaikan masalah dengan cara rasional," ujarnya saat ditemui Republika selepas acara Fun Science for Teacher di Gedung Republika, Jalan Warung Buncit No. 37, Sabtu (20/5).

Guru SD Islam Terpadu Nurul Fikri, Depok ini menjelaskan, materi yang dipaparkan oleh pembicara mencakup hal yang luas. Setelah dipaparkan pemateri, kata dia, dirinya bisa lebih mengerti tujuan mengajar untuk memajukan pendidikan bangsa dan sebagai ladang amal ibadah.

"Tujuan kita adalah untuk Allah, sehingga menyelesaikan masalah pun diselesaikan juga dengan cara Allah," katanya.

Endah berharap, acara Fun Science tidak hanya digelar di Jakarta saja, melainkan harus lebih luas untuk mencakup pendidik yang berada di luar Jabodetabek. Bahkan, kata dia, acara-acara tersebut bisa mencakup hal yang lebih luas, bukan hanya untuk guru, melainkan untuk masyarakat yang memiliki profesi berbeda.

"Kami menyarankan perlu masyarakat di indonesia mengetahui tentang cara berpikir suprarasional, supaya masyarakat bisa berwawasan bagaimana menyelesaikan masalah mereka dengan cara yang bijak," ujar dia mengakhiri.